menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Biar Nggak Overbudget, Begini Tips Atur Uang Buat Angpao Lebaran

Griska Laras,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Biar Nggak Overbudget, Begini Tips Atur Uang Buat Angpao Lebaran
Image: Uang rupiah/Freepik by Johan111

Jakarta - Lebaran biasanya identik dengan tradisi memberi angpao kepada anggota keluarga. 

Sebelum menyiapkan angpao, kamu perlu membuat alokasi dana dengan matang biar nggak overbudget. Berikut beberapa tips mengatur dana untuk angpao lebaran ala pakar finansial, Ila Abdulrahman.

1. Cek kondisi keuangan

Dana untuk angpao lebaran berasal dari Tunjangan Hari Raya (THR), bukan dari gaji bulanan. Jadi sebelum menyisihkan uang untuk dibagikan, pastikan kamu sudah mengisi pos pengeluaran lebaran lain, seperti zakat, dana mudik, hingga sedekah ya Urbanreaders.

2.  Buat daftar penerima

Buatlah daftar siapa saja yang akan menerima angpao lebaran dan tentukan besar nominalnya. Saat menyusun daftar, sebaiknya tulis berdasarkan prioritas.

"Tulis siapa saja yang hendak diberi dan mau diberi berapa," kata Ila Abdulrahman dalam 'Webinar Ngabuburit Ngilmu, Yuk',  yang digelar Kencomm Indonesia, Sabtu (17/4/2021).

3. Sesuaikan dengan kemampuan

Angpao lebaran bukanlah kewajiban, jadi sesuaikan jumlahnya dengan kondisi keuanganmu. Jangan memaksakan diri untuk memberi uang dengan jumlah besar. 

4. Pilih bank atau e-wallet yang tepat

Di tengah kondisi pandemi, kita akan sulit berkumpul dengan keluarga karena pemerintah melarang mudik. Jadi perlu dipikirkan juga cara mengirim angpaonya, apakah akan ditransfer via bank atau pakai dompet digital atau e-wallet

Jika ingin membagikan angpao via e-wallet, Ila menyarankan untuk memilih e-wallet dengan biaya transfer terkecil atau gratis.

"Kalau mau ngasih pakai e-wallet, pertimbangkan yang biaya transfernya paling kecil atau tidak ada biaya. Misalnya kalo mau transfer pakai e-wallet A, biaya transfernya kena seribu. 20 orang udah Rp 20 ribu. Dalam perencanaan keuangan, Rp 20 ribu pun juga tetap harus dihitung," pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait