Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Biaya Umrah saat Pandemi Diperkirakan di Atas Rp 30 Juta

Gagas Yoga Pratomo,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Biaya Umrah saat Pandemi Diperkirakan di Atas Rp 30 Juta
Image: Foto Ka'bah (Pixabay/Konevi)

Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah menjelaskan perkiraan biaya umrah di tengah masa pandemi COVID-19 diperkirakan naik menjadi Rp 30 juta. 

Hal tersebut diakibatkan adanya tambahan biaya untuk persyaratan aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. 

“Kemungkinan akan ada kenaikan lagi kurang lebih sekitar 30 persen, jadi bisa di atas Rp 30 juta, itu hanya sekedar gambaran,” kata Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh) Budi Darmawan, dalam diskusi secara virtual, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (21/10/2021). 

Menurutnya yang harus dipahami adalah harga kenaikan tersebut bukan karena harga paket umrah yang mengalami kenaikan, namun karena adanya syarat lain seperti biaya karantina dan tes PCR

Nantinya, calon jamaah akan melakukan tes PCR di Indonesia sebelum keberangkatan maupun setelah tiba di Tanah Suci. Selain itu, jamaah akan melakukan screening sebelum dan setibanya kembali di Indonesia. 

Seperti dilansir dari Antara, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 akan memantau keberangkatan dan kepulangan jamaah umrah dengan adanya lampu hijau dari Pemerintah Arab Saudi mengenai penyelenggaraan umrah bagi jamaah dari Indonesia. 

“Jadi satgas akan membantu setiap aktivitas penunjang untuk karantina, membantu proses keberangkatan dan kepulangan jamaah,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito. 

Skema pemberangkatan yang akan dilakukan calon jamaah adalah dengan screening 1x24 jam sebelum pemberangkatan. Kegiatan screening meliputi tes kesehatan, pemeriksaan vaksin, meningitis, dan swab PCR. 

Adapun untuk skema kepulangan, jamaah harus melakukan tes PCR 3x24 jam sebelum kepulangan dan setibanya di Indonesia harus melakukan karantina selama 5x24 jam. 

Sebelumnya biaya umrah saat sebelum pandemi adalah sebesar Rp 20 juta, kemudian meningkat menjadi Rp 26 juta saat memasuki pandemi. 

Kini biaya diperkirakan kembali naik, sebab adanya aturan beberapa kali PCR serta sejumlah persyaratan lain. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait