beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Bikin Scrapbook Cantik di Rumah Yuk!

Suci Nabila Azzahra,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bikin Scrapbook Cantik di Rumah Yuk!
Image: Scrapbook (freepik)

Jakarta - Scrapbook merupakan satu kerajinan tangan yang sedang digemari oleh anak muda saat ini. Seni kerajinan ini didominasi oleh seni tulis dan seni rupa seperti gambar. Scrapbook merupakan jenis buku yang disajikan dengan beragam gambar dan disertai tulisan-tulisan unik lainnya.

Biasanya scrapbook merupakan kumpulan lembar memo atau beberapa benda bekas yang terlihat masih layak digunakan. Ternyata scrapbook juga dapat dijadikan sebuah hadiah untuk orang terdekat, atau mungkin sahabat. Buatlah sebuah cerita dari setiap lembaran memo yang kamu tempel tersebut.

Jangan lupa juga untuk menempelkan beragam foto kenang-kenangan antara kamu dan sahabat. Jika kamu ingin membuat scrapbook ada baiknya untuk menyiapkan dan melakukan beberapa hal yang dibutuhkan berikut ini.

1. Menentukan Tema yang Akan Dibuat

Agar ide scrapbook membuahkan hasil yang menarik dan banyak dilirik orang, pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan tema apa yang ingin kamu buat.

Ada beberapa tema yang bisa kamu pilih, seperti vintage, kawaii, coffee, disney, floral, aesthetic, atau bisa random pattern. Kamu juga bisa memadukan beberapa tema, contohnya floral dan vintage, atau vintage dan coffee. Padu padankan saja sesuka hatimu, tapi pastikan tetap pada tema yang masih nyambung, ya.

2. Mengumpulkan Alat dan Bahan

Cara membuat scrapbook berikutnya adalah menyiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan. Untuk memulai membuatnya, kamu tak hanya sekadar memerlukan kumpulan foto dan buku kosong saja. Tapi juga membutuhkan beberapa alat sebagai berikut:

• Kertas scrapbook
• Kertas warna-warni
• Perekat, bisa lem kertas atau mungkin glue dot
• Spidol, pensil warna, crayon
• Foto yang penuh dengan kenangan
• Hiasan seperti pita, manik-manik, kancing, dan lainnya
• Gunting, penggaris, cutter

3. Menentukan Ukuran

Menentukan ukuran scrapbook akan membantumu menentukan berapa banyak foto dan hiasan yang akan digunakan. Pastikan juga ukuran foto pas dengan scrapbook. Scrapbook tak memiliki batasan ukuran. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran yang kamu buat. Tentukan ukuran yang tidak terlalu besar, namun juga tak terlalu kecil untuk scrapbookmu.

Dua ukuran paling populer untuk scrapbooking adalah 12×12 inci dan 8,5 x -11 inci. Yang pertama akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk berkreasi. Pilihan kedua adalah pilihan yang baik jika Anda tak memiliki banyak ide untuk mengisi tiap halaman.

4. Siapkan Tulisan

Tulisan juga merupakan unsur yang penting dalam pembuatan scrapbook. Sebab, dengan menambahkan tulisan, kamu bisa mengungkapkan apa saja yang dirasakan dari foto yang ditempel. Kalau takut salah, sebaiknya tulis dulu di kertas lain. Jika sudah mantap dengan tulisamu itu, barulah disalin pada scrapbook.

5. Mengumpulkan Foto dan Hiasan

Kemudian pilihlah foto yang terkait dengan tema yang kamu pilih sebanyak mungkin. Kamu juga bisa menghubungi teman atau anggota keluarga untuk menanyakan apakah mereka memiliki foto-foto spesial lainnya dan bersedia membaginya denganmu. Lebih baik memiliki banyak foto dari yang perlukan, sehingga kamu akan memiliki banyak pilihan.

Untuk mempermudahnya kamu dapat mengatur semua foto dalam koleksi menjadi beberapa grup. Misalnya foto saat bayi, foto liburan, foto kerja, dan lainnya. Jika foto dikelompokkan, itu akan membuat pemilihan foto lebih cepat dan lebih saat mulai menyusunnya di scrapbook.

Perbedaan terbesar antara scrapbook dan album foto biasa adalah hiasan yang diberikan. Hiasan dapat berupa potongan renda, kertas bermotif, stiker, glitter, manik-manik, bunga kering, dan benda-benda menarik lainnya.

Kamu juga bisa menggambar langsung jika mempunyai sentuhan seni tinggi. Selain itu kamu juga bisa mencetak sendiri hiasan berupa gambar-gambar untuk pembuatan buku ini yang tersedia gratis di internet.

6. Atur Tata Letak dan Halaman

Jangan lupa tentukan tata letak yang ingin kamu pilih, ya. Susunlah tata letak secara kronologis pada setiap halamannya. Dengan begitu, akan membantumu memilih foto mana yang sebaiknya digunakan. Mendesain tata letak menjadi tantangan tersendiri dalam pembuatan scrapbooking.

Pilih titik fokus pada tiap halamannya. Ke mana kamu ingin mata tertuju terlebih dahulu di sebuah halaman? Jika fokus tersebut adalah satu foto tertentu, atur desain agar foto itu terlihat menonjol.

Jika kamu memiliki banyak foto, rapikan. Gunakan kolase, kisi dan foto yang lebih kecil untuk mendapatkan lebih banyak foto di halaman buku tersebut.

Itulah langkah-langkah yang harus kamu terapkan untuk membuat scrapbook. Semoga bermanfaat, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait