Hot News

Medan - Kota Medan cukup dikenal sebagai salah satu kawasan dengan ragam wisata kuliner yang menggugah selera, Urbanreaders. 

Tak sedikit makanan khas yang kerap diincar warga bahkan wisatawan yang datang ke Kota Medan seperti mie yang satu ini. Salah satu kuliner Medan yang cukup melegenda adalah Mie Gomak. 

Eits, tapi ternyata di era pandemi seperti ini nggak perlu loh kamu jauh-jauh pergi ke Medan untuk menyantap sajian kuliner ini. Kamu juga dapat mengolah sendiri di rumah, guys.

Bahkan, mie ini pun tergolong masakan yang mudah dibuat dan kalian cukup menyiapkan bahan-bahan yang sebenarnya juga mudah didapatkan. Simak bahan-bahan dan resepnya berikut ini!

Bahan utama:

1. 200 gram mie lidi
2. 150 ml santan kental
3. 250 gram udang
4. 1 batang serai, geprek
5. 2 lembar daun jeruk
6. 1 ikat sawi hijau

Bahan bumbu halus:

1. 8 siung bawang merah
2. 5 siung bawang putih
3. 5 buah cabai merah keriting
4. 1 sdm andaliman
5. 3 cm kunyit

Cara memasak Mie Gomak Goreng:

Pertama, rebus mie lidi yang sudah disediakan ke dalam air yang sudh dipanakan hingga sedikit mendidih. 

Setelah menuangkan mie ke dalam air rebusan, jangan lupa menuang sedikit minyak goreng ke dalam air rebusan kemudian aduk-aduk hingga mie mulai melunak. 

Setelah matang, angkat dan tiriskan mie lidi. 

Kedua haluskan bumbu yang sudah disiapkan, mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, andaliman, dan kunyit.

Setelah bumbu dihaluskan, saatnya menumis semua bumbu halus terus hingga harum. Jangan lupa untuk menambahkan serai dan daun jeruk ke dalam tumisan bumbu.

Setelah mie direbus dan bumbu di tumis, masuk ke tahapan selanjutnya yaitu menggoreng mie lidi bersamaan dengan bumbu yang telah di tumis. 

Pertama, masukkan potongan sawi dengan bumbu yang ditumis hingga daun sawi terlihat layu. Kemudian masukkan seluruh mie lidi yang sudah direbus ke dalam tumisan dan aduk hingga merata dengan seluruh bumbu. 

Setelah semua campuran terlihat merata, saatnya menuangkan santan kental ke dalam mie yang tengah di goreng dengan tambahan bumbu garam dan gula. 

Tunggu hingga kuah santan menyusut dan Mie Gomak goreng siap disantap!

Komentar

Loading ..