Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Biotis Mulai Produksi Vaksin Merah Putih, Uji Klinis Tunggu BPOM

Nivita Saldyni,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Biotis Mulai Produksi Vaksin Merah Putih, Uji Klinis Tunggu BPOM
Image: Vaksin Merah Putih. (Dok. Humas Unair)

Surabaya - Vaksin Merah Putih mulai diproduksi sebagian oleh PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia, Urbanreaders. Proses yang disebut piloting ini dilakukan sembari menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar vaksin dapat disuntikkan ke tubuh relawan saat tahap uji klinis nantinya.

"Piloting adalah produksi vaksin yang digunakan untuk uji klinis, baik 1, 2 maupun 3. Itu kan harus dibuat dalam waktu yang dibutuhkan," kata Nasih di Surabaya, Selasa (23/11/2021).

Adapun uji klinis tahap pertama sendiri ditargetkan akan mulai pada awal Desember 2021 mendatang. Namun Nasih mengatakan bahwa dimulainya proses uji klinis itu bergantung pada izin dari BPOM.

Nasih pun mengaku pihaknya mempercayakan sepenuhnya produksi vaksin Merah Putih kepada pihak Biotis agar sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

"BPOM belum mengeluarkan izin, menunggu piloting yang memenuhi standar. Tidak cukup kemarin bibit kemudian kita aduk kemudian kita ciduk, tidak. Itu kan ukurannya harus benar, prosesnya, semua harus dikalibrasi, dinilai," jelas Nasih.

Nah nantinya jika sudah bisa dimulai, maka Nasih mengatakan bahwa pihaknya berencana melakukan uji klinis secara paralel namun tak dimulai bersamaan. Misalnya uji klinis tahap pertama dilaksanakan terlebih dahulu, lalu berselang dua pekan kemudian uji klinis tahap dua dimulai saat tahap pertama masih berjalan.

"Dengan begitu mudah-mudahan Januari bisa uji 3. Kami lakukan paralel tapi tetap ada jedanya," kata Nasih.

Sementara itu hingga saat ini Nasih menyebut sudah ada banyak relawan yang mendaftar untuk bisa mendapatkan suntikan vaksin Merah Putih. Bahkan pendaftaran relawan pun masih dibuka hingga saat ini.

"Pendaftaran dibuka terus sampai uji klinis 3 yang memerlukan cukup banyak relawan. Dibuka terus dan dilakukan skrining terus menerus yang memenuhi persyaratan mana," jelasnya.

Nah bagi Urbanreaders yang tertarik menjadi relawan Vaksin Merah Putih, kamu bisa mencari tahu informasi lebih lanjut atau langsung mendaftar melalui kontak berikut ini!

- dr. Fany Arsyad (081333355533)

- dr. Laksmi Wulandari (08123019591)

- dr. Randy Pangestu (089699668343)

- Lintang Prayogi (082232457512)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait