beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Bjorka Umbar Data Pribadi Anies Baswedan

Shinta Galih,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bjorka Umbar Data Pribadi Anies Baswedan
Image: Ilustrasi hacker (Pixabay/laddlajutt1722).

Jakarta - Bjorka kembali umbar data pejabat di Indonesia. Kali ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Data pribadi Anies Baswedan ini disebar lewat akun Telegram milik hacker Bjorka. Seperti data pejabatan lainnya, nama, alamat, NIK, nomor telepon, nama istri dan orang tua, serta data vaksin diumbar.

"Apa Anda sudah mengatasi masalah banjir dan macet Pak? Karena Jakarta bukan cuma Sudirman dan Thamrin," ujar Bjorka dikutip Urbanasia, Senin (12/9/2022).

1662972658-WhatsApp-Image-2022-09-12-at-3.50.17-PM.jpegSumber: Telegram Bjorka

Sebelumnya peretas dengan identitas Bjorka melalui grup Telegram mengklaim telah meretas surat menyurat milik Presiden Jokowi, termasuk surat dari BIN.

Klaim dari Bjorka tersebut kemudian diunggah oleh salah satu akun Twitter DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence, yang kemudian viral dan sempat menjadi salah satu topik pembahasan terpopuler (trending topic) di Twitter hingga Sabtu pagi.

Dalam unggahan di akun Twitter itu disebutkan bahwa surat dan dokumen untuk Presiden Indonesia, termasuk surat yang dikirimkan BIN dengan label rahasia telah bocor.

Terkait surat rahasia Presiden RI, Heru memastikan itu bohong. Dia mengatakan tidak ada surat berlabel rahasia dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan surat lainnya untuk Presiden Jokowi yang bocor.

“Nanti pihak Sekretariat Negara akan menyampaikan. Tidak ada isi surat-surat yang bocor,” ungkap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Heru menyebutkan aparat bakal ngumber keberadaan Bjorka karena telah melanggar UU ITE.

“Perlu saya tegaskan adalah itu sudah melanggar hukum UU ITE. Saya rasa pihak penegak hukum akan memproses secara hukum dan mencari pelakunya," tegas Heru.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait