beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Siapa Muchdi Purwoprandjono yang Disebut Hacker Bjorka sebagai Dalang Pembunuhan Munir

Shelly Lisdya,
12 September 2022 13.54.18 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Siapa Muchdi Purwoprandjono yang Disebut Hacker Bjorka sebagai Dalang Pembunuhan Munir
Image: Muchdi Purwoprandjono. (ANTARA)

Jakarta - Nama Muchdi Purwoprandjono yang disebut Hacker Bjorka sebagai dalang pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir bukanlah nama baru. Mantan Danjen Kopassus itu bahkan sudah pernah duduk di kursi pesakitan sebagai terdakwa.

Namun dalam persidangan, Muchdi akhirnya divonis bebas murni alias tak bersalah. Namanya pun dianggap bersih dan tidak tersangkut dengan kasus pembunuhan Munir.

Lantas, siapa sebenarnya Muchdi Purwopranjono? Muchdi lahir di Sleman pada 15 Maret 1949 merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi militer Indonesia dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.

Muchdi PR merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1970. Ia juga pernah menjabat sebagai Panglima Kodam Tanjungpura, di Kalimantan dan sebagai Komandan Jenderal KOPASSUS.

Pada 1999-2001, Muchdi menjadi Pati Mabes TNI kemudian mengemban amanat sebagai Deputi V BIN/Penggalangan 2001-2005. Tak lama, ia pensiun dari TNI Angkatan Darat.

Medio tahun 2008, Muchdi menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan aktivis HAM Munir. Muchdi dianggap bertanggung jawab atas kematian Munir.

JPU menyebut motif pembunuhan itu adalah dendam yang dikaitkan kepada kasus penculikan aktivis 1997/1998 yang dilakukan oleh tim Mawar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait