beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

BPOM Umumkan 168 Produk Sirup yang Aman, Ini Daftarnya

Annisa Tiara Jelita,
18 November 2022 09.55.01 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BPOM Umumkan 168 Produk Sirup yang Aman, Ini Daftarnya
Image: Ilustrasi - pemberian obat sirup. (freepik.com/freepik)

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI kembali mengumumkan 168 produk obat sirup yang tidak menggunakan zat kimia berbahaya sehingga aman dikonsumsi.

“Sebanyak 168 produk obat sirop itu tidak mengandung cemaran Etilon Glikol/Dietilen Glikol (ED/DEG) dan aman untuk diedarkan,” kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito sebagaimana dikutip oleh Urbanasia dari ANTARA, Jumat (18/11/2022).

Menurut Penny, daftar baru ini diperoleh dari hasil investigasi terhadap temuan obat sirup yang mengandung cemaran sebesar 0,1 persen. 

Sebagai pengembangan pengawasan di jalur distribusi, BPOM menggunakan metode penelusuran balik untuk melakukan intensifikasi surveilans mutu pada produk obat sirup yang beredar dan pada bahan baku tambahan. 

Untuk memastikan terjaminnya keamanan dan mutu obat sirup, Industri farmasi (IF) melakukan verifikasi mandiri, berdasarkan pemenuhan kriteria. 

Kriteria tersebut termasuk kualifikasi pemasok, penguji bahan baku pada setiap kedatangan dan setiap wadah. Juga, menggunakan metode pengujian yang terbaharui.

Diketahui, zat kimia berbahaya dikaitkan dengan adanya penyakit gangguan gagal ginjal akut yang diakibatkan oleh obat sirup, seperti Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, Gliserol/Gliserin.

Sebelumnya, BPOM juga merilis 126 produk bahan pelarut obat sirup yang dapat diedarkan. Sementara daftar baru 168 produk yang aman dapat dilihat di link berikut bit.ly/BPOMDaftar168ObatSirupAmanDigunakan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait