Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

BSSN Benarkan Situsnya Diretas Hacker Brasil

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BSSN Benarkan Situsnya Diretas Hacker Brasil
Image: Ilustrasi hacker (Pixabay/kalhh)

Jakarta - Situs milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi korban peretasan. Peretasan tersebut konon menggunakan metode Deface yang mengubah tampilan situs www.pusmanas.bssn.go.id.

"Benar (diretas) pada tanggal 21 Oktober yang lalu. Saat ini penanganan situs tersebut telah dilakukan oleh Tim CSIRT BSSN, dikarenakan situs tersebut berisi data-data mengenai repositori malware," kata Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiawan menanggapi kabar tersebut.

Repositori malware yang dimaksud adalah situs untuk kelola/informasi terkait malware. Adapun, itu digunakan untuk kepentingan riset.

“Sudah selesai (serangannya sudah diatasi-red). Sampai saat ini indikasinya (pelaku-red) dari Brasil, tapi masih kita telusuri lagi karena di ruang siber ini siapa saja bisa mengaku-ngaku,” tuturnya.

Untuk diketahui sang hacker sempat menampilkan gambar bertuliskan Hacked by theMx0nday. Lalu dibagian bawah tulisan itu muncul logo BSSN disertai tulisan 'NSA da indonesia pwnetada fds KKKKKKKKKKKK'.

Peretasan ini sempat diumumkan lewat akun @son1x777 di Twitter. Dia mengatakan langkah peretasan yang dia lakukan adalah bentuk pembalasan atas apa yang dilakukan oleh peretas Indonesia yang meretas situs milik orang Brasil.

"Sonix sempat disini. Deface ini dilakukan untuk merespons peretasan dari Indonesia terhadap situs Brazil. Lihat betapa mudah mengacaukan negara kacau Anda," kicau akun tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait