beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Bunga Potong Cepat Layu dan Kering? Begini Solusinya

Alfian Muntahanatul Ulya,
22 November 2022 15.28.05 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bunga Potong Cepat Layu dan Kering? Begini Solusinya
Image: Ilustrasi. (Pexels)

Jakarta - Bunga potong memiliki banyak kegunaan, termasuk sebagai hiasan interior rumah, dekorasi venue pernikahan, atau dijadikan hand bouquet.

Namun sayangnya kesegaran dari bunga potong ini nggak bisa bertahan lama, jadi perlu treatment khusus agar mereka nggak cepat layu dan kering.

Merawat bunga potong ini termasuk gampang lho, Urbanreaders. Jadi kamu pun bisa melakukannya sendiri. Penasaran bagaimana caranya? Yuk ikuti tips berikut ini!

1. Simpan di Vas Berisi Air

Setelah bunga dipotong, akan lebih baik jika kamu segera merendam batangnya ke dalam vas bunga berisi air.

Ini juga berlaku untuk hand bouquet atau bentuk bunga potong lainnya yang mungkin telah terpapar udara dalam beberapa jam. Langsung saja masukkan ke dalam vas berisi air, untuk mencegah bakteri berkembangbiak.

2. Ganti Air Rendaman

Jangan lupa mengganti air rendaman di dalam vas bunga secara rutin ya, Urbanreaders. Kamu juga harus membersihkan vas bunga itu sendiri.

Kamu bisa mengganti air rendaman yang sudah kotor setiap hari. Jangan biarkan bunga potongmu berendam dalam air kotor dalam waktu yang lama karena air itu mengandung bakteri dan bisa menyebabkan bunga menjadi layu.

3. Rutin Potong Ujung Batang

Selain rutin mengganti air dalam vas, kamu juga perlu memperhatikan kondisi batang bunga potong. Ujung batang bunga perlu dipotong rutin setiap 2-3 hari sekali sepanjang 1-3 cm.

Agar lebih mudah, gunakan gunting kebun agar hasilnya juga rapi. Cara memotongnya pun disarankan dengan kemiringan 45 derajat untuk meningkatkan area serapan air.

4. Simpan Vas di Tempat Sejuk dan Kering

Lokasi penyimpanan vas itu juga berpengaruh pada berapa lama usia bunga potong akan bertahan lho, Urbanreaders. Jadi kamu nggak bisa menaruhnya di sembarang tempat.

Pastikan kamu meletakkan vas berisi bunga potong tersebut di tempat yang sejuk dan kering, dan hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung. Efek dari suhu panas sinar matahari ini bisa mempercepat proses layu bunga itu.

5. Gunakan Pengawet

Cara ini dinilai paling praktis untuk menjaga kesegaran bunga potong. Yakni dengan menambahkan pengawet berupa sukrosa agar kesegarannya bertahan lama.

Namun dalam menambahkan pengawet ini pun juga perlu takaran yang pas, karena jika kelebihan, justru sukrosa bisa membuat bunga potong jadi cepat layu dan mati juga.

Nah, sangat simple bukan cara merawat bunga potong? Kan sayang kalau bunga itu akhirnya layu dan mati, jadi nggak ada salahnya mencoba tips-tips tadi. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait