menu
user
URnews

Buntut Konflik Dewa Kipas vs GothamChess, Irene Kharisma Surati Deddy Corbuzier

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Buntut Konflik Dewa Kipas vs GothamChess, Irene Kharisma Surati Deddy Corbuzier
Image: Grandmaster Wanita Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. (Instagram @irene_sukandar)

Jakarta - Dadang Subur, pemain catur asal Indonesia yang kalahkan Gotham Chess alias Levy Rozman, pecatur asal Amerika Serikat pada awal Februari 2021 masih jadi perbincangan dan sorotan publik, termasuk Deddy Corbuzier.

Melihat kehebohan dari konflik antara keduanya, Deddy Corbuzier pun sempat mengundang Dadang ke podcastnya pada Sabtu (13/3/2021) lalu.

Sayangnya hal ini tak berarti akhir dari drama antara Dewa Kipas dan Gotham Chess. Sebab kemunculan Dadang di podcast Deddy Corbuzier justru membuat Grandmaster Wanita Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar mengirimkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier. Surat itu dikirimkan Irene pada Minggu (14/3/2021) lewat Twitter dan Instagram pribadinya.

Dalam surat terbuka itu, Irene yang telah menekuni dunia catur selama lebih dari 20 tahun itu tak menyangka permasalahan ini akan menjadi besar seperti sekarang.

"Tentu segala bentuk publikasi akan catur adalah suatu keuntungan bagi para insannya. Tapi saya selalu memegang nilai-nilai kebenaran, jujur dan ksatria seperti makna permainan catur, dan kita, saya dan Mas Deddy, sebagai public figure yang bisa membentuk opini masyarakat harus bersama-sama memberitakan berita yang benar untuk membangun karakter bangsa ini dan nilai-nilai kejujuran," kata Irene dalam surat terbukanya.

Menurutnya masalah ini sudah merugikan banyak pihak. Ia pun mengaku bahwa dirinya dan teman-teman pecatur profesional Indonesia lainnya malu dengan adanya masalah ini.

"Kejadian ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya dimata dunia percaturan internasional. Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air, Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang," jelasnya.

Dengan pertimbangan tersebut, Irene pun ingin meluruskan permasalahan ini lewat Deddy. Dengan demikian ia berharap masalah tak berlarut-larut dan berimbas terlalu dalam ke dunia catur Indonesia.

Bak gayung bersambut, surat Irene itu pun akhirnya mendapat jawaban dari Deddy. Lewat cuitan di Twitternya, Irene mengaku bakal hadir ke podcast Deddy pada Rabu (17/3/2021) mendatang.

"Surat terbuka saya sudah direspon oleh pihak Deddy Corbuzier dan Rabu ini saya diundang ke podcast beliau guna membahas surat tersebut. Terima kasih atas dukungan teman-teman semua," cuit Irene, Senin (15/3/2021).

Cuitan Irene itu mendapat perhatian dari Levy. Lewat akun Twitternya, @GothamChess, ia mengucapkan terima kasih kepada Irene.

"Thank you, Irene," kata Levy membalas cuitan Irene.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait