Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Cabut Jarak Sosial, Masjidil Haram dan Nabawi Dibuka Kapasitas Penuh

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cabut Jarak Sosial, Masjidil Haram dan Nabawi Dibuka Kapasitas Penuh
Image: Longgarkan Aturan Pembatasan, Masjidil Haram dan Nabawi Dibuka dengan Kapasitas Penuh (Arab News)

Riyadh - Pemerintah Arab Saudi pada Jumat lalu telah mengumumkan pelonggaran pembatasan, menyusul membaiknya kondisi pandemi COVID-19 di Arab Saudi. Dengan pelonggaran tersebut, Masjidil Haram mulai dibuka dengan kapasitas penuh pada Minggu (17/10/2021).

Selain Masjidil Haram, pemberlakuan yang sama juga diterapkan di Masjid Nabawi, Madinah. Pada Sabtu malam, pemerintah Arab Saudi telah mencabut aturan jarak sosial dengan melepas stiker posisi salat, yang diberlakukan sejak tahun lalu.

Meski demikian, petugas tetap menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat tersebut, guna memastikan keamanan dan kenyamanan semua orang. Selain itu, semua jemaah dan pengunjung diwajibkan mendaftar lebih dulu melalui aplikasi pelacakan Tawakkalna dan Eatmarna.

Selain membuka kedua masjid dengan kapasitas penuh, Kementerian Dalam Negeri Saudi juga mulai melonggarkan kegiatan pertemuan, serta mencabut keharusan memakai masker bagi mereka yang telah menerima kedua dosis vaksin.

Melansir Al Arabiya, Sabtu (16/10/2021), masker di ruang terbuka tidak lagi diwajibkan bagi orang yang telah mendapatkan dua dosis vaksinasi. Namun, masker harus tetap digunakan di ruang tertutup dan di area yang tidak terpantau oleh aplikasi pelacakan.

Peraturan menjaga jarak juga akan dicabut dari tempat-tempat umum, seperti restoran, bioskop, maupun pusat perbelanjaan.

Selain itu, sarana transportasi dan pertemuan lainnya yang dipantau oleh Tawakkalna, akan diizinkan beroperasi dengan kapasitas penuh bagi orang-orang yang telah divaksin lengkap.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait