beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Cara Hadapi Orang yang Membenci Tanpa Sebab

Alfian Muntahanatul Ulya,
23 November 2022 17.43.24 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Hadapi Orang yang Membenci Tanpa Sebab
Image: Ilustrasi ujaran kebencian / greenblog

Jakarta - Terkadang kita dibuat kesal dan bingung menghadapi seseorang yang membenci kita tanpa alasan yang jelas. Apalagi jika kita sudah berusaha untuk mengkomunikasikannya.

Memang perlu kesabaran ekstra untuk menghadapi orang semacam ini agar kondisinya nggak semakin memburuk. Karena semakin ditanggapi, malah akan memperkeruh keadaan.

Solusinya, cuek saja dengan mereka. Karena apa saja yang kita lakukan, hanya akan tampak salah terus di mata mereka. Untuk mengatasinya, lakukan saja beberapa tips berikut ini.

1. Jangan Terpancing

Mendengar ujaran kebencian dari orang yang membenci tanpa sebab ini kerap kali membuat darah kita mendidih. Terus menanggapinya hanya akan membuat kita lelah dan mereka merasa senang karena berhasil mengusik kita.

Jadi saran terbaik adalah tetap tenangkan diri dan bersikaplah santai. Anggap saja mereka nggak pernah ada. Anggap saja mereka seperti angin lalu dan omongan mereka nggak akan mengubah sikapmu.

2. Introspeksi Diri

Cara berikutnya adalah coba melihat point of view dari orang yang membenci kita. Meski mereka terus menjelek-jelekkan kita, ada baiknya kita mencoba untuk mengingat kembali apa yang telah kita lakukan.

Siapa tahu, di masa lampau kamu pernah melakukan kesalahan yang nggak sengaja menyakiti hati dan perasaan mereka. Jadi cobalah untuk berkomunikasi lagi dengannya, dan memperbaiki kesalahanmu.

3. Nggak Perlu Ambil Pusing

Biasanya orang yang nggak jelas tiba-tiba menebar kebencian tentang kita, mereka juga punya masalah dengan diri mereka sendiri. Entah karena perasaan iri, nggak percaya diri, atau faktor lain.

Maka dari itu, kita harus tetap rasional dan nggak perlu memikirkan hal itu dengan serius. Biarkan saja, karena hal itu lama kelamaan hanya akan merugikan diri mereka sendiri. 

4. Hindari

Daripada menghabiskan waktu dengan orang yang nggak jelas apa maunya dan justru merugikanmu, menjauhi mereka adalah solusi yang tepat. Karena nggak menutup kemungkinan, dengan terus mendengarkan ocehan mereka hanya akan membuatmu jadi stres.

Saat seseorang nggak mendapatkan apa yang dia mau dengan mengusik ketenanganmu, mereka akan merasa bahwa yang dilakukannya nggak baik. Lama kelamaan mereka juga akan capek sendiri dan berhenti.

5. Minta Maaf

Meminta maaf atas kesalahan yang nggak kita perbuat memang rasanya malas bukan? Tapi bagi sebagian orang menganggap jika kebencian itu akan mereda kalau salah satunya mau mengalah. 

Minta maaf juga bukan berarti kalah begitu saja, justru dengan melakukannya, kamu justru akan terlihat lebih baik di mata mereka dan orang lain yang mengetahuinya. Jadi nggak masalah untuk meminta maaf terlebih dahulu untuk memperbaiki situasi.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu tiru untuk menghadapi orang yang membenci kita tanpa alasan yang jelas. Pada akhirnya, kita yang harus berpikir jernih agar mereka nggak memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan mental kita.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait