beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Cara Menghitung Luas Tanah Secara Akurat

Suci Nabila Azzahra,
19 Agustus 2022 18.47.33 | Waktu baca 5 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Menghitung Luas Tanah Secara Akurat
Image: Ilustrasi. (Pixabay)

Jakarta - Ketika hendak membeli tanah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah luasnya. Meski penjual sudah menyertakan informasi mengenai luasnya namun kita terkadang ingin membuktikan sendiri dengan menghitungnya. Asal tahu triknya, cara menghitung luas tanah sebenarnya tidak sulit kok. 

Bahkan, langkah tersebut bisa kamu lakukan secara mudah dengan berbagai metode, baik secara manual hingga menggunakan aplikasi. Simpelnya, kita bisa mengetahui luas sebidang tanah dari sertifikat lahan tersebut.

Namun, jika lahan tersebut belum bersertifikat, tidak ada cara lain untuk mengetahuinya selain menghitung secara manual. Seperti yang telah disebutkan, langkah perhitungan tanah sebenarnya ada bermacam-macam, mulai dari menggunakan rumus, software hitung tanah, sampai dengan aplikasi peta seperti Google Maps.

Agar tidak salah mengaplikasikan cara menghitung luas tanah, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

Cara menghitung luas tanah dengan rumus agaknya menjadi langkah paling lumrah, yang sering dilakukan orang-orang. Selain itu, jika dilakukan secara benar hasil perhitungan ini juga terbilang cukup akurat. Meski begitu, cara menghitung luas tanah dengan rumus tak bisa dilakukan dengan satu formula saja.

Berbeda bentuk lahan, maka berbeda pula rumus perhitungan yang digunakan, misalnya:

Cara Menghitung Luas Tanah Persegi Panjang

Dibanding bentuk tanah lain, cara menghitung luas tanah persegi panjang agaknya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengalikan panjang dan lebar dari lahan tersebut, untuk mendapatkan total luas lahan.

Misalnya, kamu memiliki info dari penjual bahwa lahan yang hendak dibeli memiliki panjang 10 meter persegi dan lebar 8 meter persegi, maka luasnya:

Luas = 10 meter persegi x 8 meter persegi = 80 meter persegi

Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga

Sering kali ditemui bentuk lahan yang tidak simetris layaknya segitiga. Jangan bingung, kamu juga bisa kok mengaplikasikan cara menghitung luas tanah tersebut menggunakan rumus.

Pertama, kamu harus mencari terlebih dahulu jumlah keliling segitiga tersebut. Setelah mendapatkan keliling segitiganya, hitung luas keseluruhan segitiga dengan rumus berikut ini:

S = (A+B+C) : 2

L = √ [S X (S-A) X (S-B) X (S-C)]

Keterangan:

‘S’ adalah keliling segitiga

‘A’, ‘B’, ‘C’ adalah panjang sisi-sisi segitiga

‘L’ adalah luas segitiga

Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Siku-siku

Bukan cuma segitiga biasa, lahan berbentuk segitiga siku-siku pun bisa dihitung menggunakan rumus. Nggak sulit kok, berikut rumus atau cara menghitung luas tanah segitiga siku-siku yang bisa digunakan:

L = ½ x Alas x Tinggi

Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Sama Sisi

Berbeda dengan segitiga biasa atau sembarang, rumus perhitungan lahan segitiga sama sisi bisa dilakukan dengan satu formula. Untuk mengetahuinya, berikut cara menghitung luas tanah segitiga sama sisi:

L = ¼a2√3

Keterangan:

‘a’ adalah panjang sisi

‘L’ adalah luas tanah

Cara Menghitung Luas Tanah Tak Beraturan

Bentuk tanah terakhir yang bisa dihitung menggunakan rumus adalah bentuk tak beraturan, seperti trapesium. Cara menghitung luas tanah trapesium juga cukup mudah, berikut rumus yang digunakan:

L = ½ x (Jumlah Rusuk Sejajar) x Tinggi

Mari kita asumsikan, jika bentuk lahan yang akan kamu hitung berbentuk trapesium, dengan kedua kaki tanah tersebut memiliki panjang yang sama, sedang kaki yang lainnya memiliki panjang berbeda.

Apabila ukuran lahan mencapai 8 meter persegi x 12 meter persegi x 8 meter persegi x 10 meter persegi, maka cara menghitung luas tanah menggunakan rumus trapesium adalah:

Luas = ½  x (10+12) x 8 = 88 meter persegi

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Software Autocad

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait