beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Cara Mudah Perbaiki Kolor Celana yang Longgar

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Mudah Perbaiki Kolor Celana yang Longgar
Image: Ilustrasi bahan yang digunakan untuk mengganti kolor celana yang sudah longgar. (Dok. Instructables)

Jakarta - Celana dengan ikat pinggang kolor yang sudah longgar tentu saja sudah tidak lagi nyaman saat digunakan. Sering kali orang memilih opsi untuk membuang celana tersebut lalu membeli baru.

Padahal, kamu masih bisa menggunakan kembali celana itu. Apalagi jika itu adalah celana kesayanganmu, tentu akan sangat berat ketika harus meninggalkannya dan mengganti dengan celana baru.

Nah, kali ini Urbanasia telah merangkum cara memperbaiki kolor celanamu yang sudah longgar agar bisa tetap dipakai. Yuk simak caranya!

Alat dan Bahan:

- Mesin jahit dan obras
- Kolor dengan lebar 1 inci, ukuran panjang disesuaikan dengan lingkar pinggang
- Pita pengukur
- Sepotong kain kecil bekas
- Pemotong jahitan
- Benang, jarum, gunting dan perlengkapan dasar menjahit lainnya

Langkah-langkah:

1. Copot kolor celana lama yang sudah longgar dengan bantuan pemotong jahitan untuk merobek jahitan lama seperti pada gambar. 

1661764415-step-1-jahit.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 1 jahit). (Dok. Instructables)

2. Buat kolor yang baru dengan ukuran sesuai lingkar pinggang. Jahit masing-masing ujung kolor menjadi satu dan tambahkan kain kecil tadi sebagai pembungkusnya. Lihat seperti pada gambar.

1661764429-step-2-jahit---A.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 2 jahit A). (Dok. Instructables)

1661764423-step-2-jahit---B.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 2 jahit B). (Dok. Instructables)

3. Jahit kolor yang baru ke celana sebelumnya. Pasangkan terlebih dahulu kolor di bagian pinggang celana seperti pada gambar. Setelah itu kunci dengan jarum agar tidak bergeser saat dijahit. 

1661764409-step-3-jahit.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 3 jahit). (Dok. Instructables)

4. Jahit kolor yang sudah terpasang tersebut di bagian dalam celana menggunakan bantuan mesin jahit, pastikan terjahit dengan rapi.

1661764388-step-4-jahit-A.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 4 jahit A). (Dok. Instructables)

1661764368-step-4-jahit-B.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 4 jahit B). (Dok. Instructables)

5. Lipat dan jahit kolor ke bagian dalam celana agar tertutup dengan bagian luar kain celana seperti pada gambar.

1661764400-step-5-jahit-A.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 5 jahit A). (Dok. Instructables)

1661764373-step-5-jahit-B.jpgSumber: Langkah mengganti kolor celana yang sudah longgar (step 5 jahit B). (Dok. Instructables)

6. Celana sudah siap dipakai kembali.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait