menu
user
URguide

Cara Yakinkan Pasangan Buat Bikin Perjanjian Investasi Bersama

Griska Laras,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Yakinkan Pasangan Buat Bikin Perjanjian Investasi Bersama
Image: Ilustrasi investasi bareng pacar/Freepik by Tirachardz

Jakarta - Banyak pasangan kekasih kini memiliki tabungan dan investasi bersama. Keputusan tersebut biasanya dilakukan saat ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Namun berinvestasi bareng pacar punya risiko yang besar, Urbanreaders. Sebab masalah yang berkaitan dengan uang sangat sensitif.  

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Financial Advisor, Leonilla Vari Amrta, menyarankan agar pasangan menyiapkan mitigasi risiko sebelum mulai nabung dan investasi bersama.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat perjanjian tertulis dan membuat rekening bersama jenis Joint And. 

Rekening Joint And sendiri mensyaratkan kedua belah pihak memberikan persetujuan berupa tanda tangan saat melakukan transaksi.  

Namun bagi beberapa pasangan, membuat perjanjian tertulis dan rekening bersama bukan perkara mudah. Pasalnya hal ini bisa membuat pasangan tersinggung karena merasa tidak dipercaya.  

Dalam sesi Instagram Live URwealth, Leoni pun memberikan sejumlah tips untuk meyakinkan pasangan membuat perjanjian tertulis tanpa membuatnya tersinggung.

Caranya dengan menjelaskan risiko yang bisa saja terjadi di masa depan. Karena menurut Leoni, hubungan orangtua dan anak saja bisa berakhir di meja hijau jika sudah soal uang, apalagi yang statusnya cuma pacaran.

"Beri penjelasan tentang risiko yang akan dihadapi di masa depan secara baik-baik. Apapun itu pasti ada risikonya termasuk pacaran. Karena itu kita tetap harus punya proteksi atas semua yang kita anggap baik, " jelas Leoni.

"Kita bisa pakai bahasa yang halus dan membuat beberapa alasan biar pasangan nggak tersinggung misalnya, untuk catatan pribadi."

"Atau kalau pasangan marah dan tanya kenapa harus bikin perjanjian dan hitung-hitungan. Cara yang paling aman untuk menjawab begini, 'Kalau ini tercatat rapi, kalau besok aku mau review ada catatannya," pungkas Leoni.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait