beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Cat IONIQ 5 yang Terkelupas Sudah Beres, Ternyata Ini Akar Masalahnya

William Ciputra,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cat IONIQ 5 yang Terkelupas Sudah Beres, Ternyata Ini Akar Masalahnya
Image: Hyundai IONIQ 5. (Istimewa)

Jakarta - Beberapa waktu lalu, mobil listrik andalan Hyundai yaitu IONIQ 5 mendapat sorotan setelah catnya dilaporkan terkelupas saat terkena lakban. Kejadian ini dialami oleh pemilik Hyundai IONIQ 5 berwarna Gravity Gold, Bernard Widianto. 

Dalam unggahannya pada Jumat, 1 September 2022 lalu, Bernard tampak menempelkan potongan lakban ke bagian sisi dalam mobil. Hasilnya, cat IONIQ 5 itu tampak mengelupas dan menempel pada lakban. 

Urbanasia pada Sabtu, 2 September 2022 lantas mencoba untuk menghubungi PT Hyundai Motors Indonesia untuk mengklarifikasi hal tersebut. Pihak manajemen saat itu mengaku sudah melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang catnya terkelupas itu. 

Rupanya, mobil yang catnya terkelupas itu dibawa pihak Hyundai untuk dilakukan pengecekan langsung. Bernard mengaku dijanjikan waktu 3 hari untuk proses tersebut, namun molor sampai satu minggu. 

Kemudian, Bernard pun melakukan update setelah mobil miliknya dikembalikan. Hasilnya, cat pada mobilnya kini tidak terkelupas lagi meski ditempeli lakban yang paling bagus sekali pun. 

“Hai guys, saya hari ini mau memberikan update mengenai cat yang ngelotok kemarin. Jadi setelah 1 minggu mobilnya sudah dibalikin,” kata Bernard dikutip dari video yang diunggahnya di Instagram @bernardwidiant, Minggu (11/9/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Bernard lantas menguji kembali kualitas cat pada mobilnya. Ia menempelkan lakban bening pada bagian yang sama, namun cat mobil tampak tidak mengelupas. 

Setelah itu, Bernard juga menjajal menggunakan lakban lain yang kualitasnya lebih bagus. Hasilnya pun sama, cat IONIQ 5 miliknya tampak kokoh dan tidak terkelupas. 

“Jadi permasalahan sudah clear. Permasalahan dari cat touch up-nya guys. Jadi formulanya sudah diganti setelah kejadian ini. Standar QC-nya juga sudah ditingkatkan. Jadi yang bermasalah catnya, khususnya warna gravity gold, bisa langsung menghubungi Hyundai untuk dapat klaim,” tutup Bernard. 

Tampaknya masalah cat mengelupas pada Ioniq 5 ini hanya terjadi pada warna mobil Bernard, yaitu gravity gold doff. Pasalnya, dalam video lain Bernard juga menjajal kualitas cat IONIQ 5 berwarna Atlas White glossy.  

Selain itu, kata Bernard, pengelupasan cat pada mobilnya juga tidak terjadi di semua bagian. Ia menyebut ada dua tempat yang mengelupas, yaitu pada pilar pintu penumpang dan foot step pengemudi. 

Bernard pun menjelaskan mengapa ia menempelkan lakban pada mobilnya. Menurutnya, ia ingin menjadikan lakban sebagai anti gores pada bagian sil plat di footstep dengan tujuan agar tidak baret. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bernard Widianto (@bernardwidiant)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait