beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Cegah Perpisahan, Lakukan 5 Hal Ini Usai Bertengkar dengan Pasangan

Alfian Muntahanatul Ulya,
19 Agustus 2022 17.58.40 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cegah Perpisahan, Lakukan 5 Hal Ini Usai Bertengkar dengan Pasangan
Image: Ilustrasi pasangan bertengkar/Freepik:yanayla.

Jakarta - Dua orang yang menjalin hubungan pasti tidak pernah luput dari pertengkaran, bahkan dalam hal sepele sekalipun. Namun, bukan berarti pertengkaran itu harus selalu dibawa ke arah yang serius hingga menyulut perpisahan.

Justru dengan adanya kerikil-kerikil kecil yang menghampiri, kamu dan pasangan akan lebih memahami satu sama lain karena konflik yang terjadi tidak selamanya buruk. Hal ini tentu bergantung pada bagaimana cara kalian menyikapi permasalahan yang ada.

Terutama terkait hal apa saja yang perlu kamu dan pasangan lakukan setelah bertengkar. Berikut ini beberapa hal yang telah Urbanasia rangkum untukmu.

1. Ekspresikan Perasaanmu

1644684160-foto-3-cowok-anak-mami.jpgSumber: Pasangan bertengkar (freepik)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah saling mendiskusikan perasaan masing-masing selama pertengkaran terjadi. Dengan membahas hal itu, kalian akan mulai bisa memahami emosi apa yang dirasakan dalam konflik itu.

Misalnya, bisa saja kamu atau pasangan merasa disalahpahami atau tidak dihargai. Tidak dipungkiri bahwa sering kali permasalahan dalam hubungan timbul karena perasaan dan emosi yang dipendam karena kurangnya komunikasi tentang hal ini.

2. Ceritakan Faktanya dan Beri Validasi

1652263381-Foto-2-ikatan.jpegSumber: Ilustrasi Pasangan (freepik/freepik)

Salah satu hal yang salah ketika terjadi pertengkaran adalah salah satu di antara kalian tidak benar-benar mendengarkan satu sama lain.

Kalian cenderung menunggu giliran masing-masing untuk berargumen dibanding mendengarkan seksama apa yang diutarakan oleh satu sama lain.

Seharusnya, kamu dan dia saling berganti peran sebagai pendengar dan pembicara, sehingga tidak ada poin masalah yang terlewat karena kalian sama-sama egois, tidak mau mendengarkan satu sama lain.

Hindari juga mengkritik atau menyalahkan pasangan atas apa yang dia sampaikan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait