menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Cek Fakta Masker Medis Ada Cacing, Benarkah?

Griska Laras,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cek Fakta Masker Medis Ada Cacing, Benarkah?
Image: Ilustrasi Pakai Masker. (Pixabay/coyot)

Jakarta - Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan video viral yang mengklaim ada cacing di masker medis buatan Cina.

Dalam video yang beredar, seseorang tampak menunjukkan masker yang direntangkan di atas sebuah wadah berisi air panas. Tiba-tiba muncul sesuatu berwarna hitam bergerak dari balik kain.

Menurut keterangan video, benda yang bergerak adalah cacing hitam. Mereka pun meminta masyarakat waspada.

Namun benarkah informasi tersebut?  

Berdasarkan penjelasan akun YouTube Microbehaunter, klaim cacing hitam pada permukaan dalam masker medis adalah hoaks.

Dalam video berjudul 'Why you should NOT be worried about microscopic worms (Morgellons) in your Face Mask', Microbehaunter mencoba membuktikan klaim tersebut melalui uji mikroskop.

Setelah diteliti, benda hitam tersebut bukanlah cacing melainkan serat kain yang bergerak karena kelembapan udara. Menurutnya, uap air dan hembusan napas bisa membuat serat kain tersebut bereaksi.

“Saya  dengan hati-hati menghembuskan napas dan meniup masker wajah saya, kemudian serat mulai menyerap kelembapan.  Dan jika Anda melepas masker wajah, maka masker akan mengering dan ini juga akan membuat serat bergerak sehingga Anda melihat ini adalah proses yang cukup mudah,” jelasnya.

Lebih jauh, akun Microbehaunter juga menjelaskan bahwa cacing tidak bisa hidup dalam lingkungan yang sangat kering. Selain itu, cacing akan terlihat lebih tebal dan besar jika dilihat dari mikroskop dan bagian dalam tubuh mereka juga akan terlihat.

"Seperti inilah cacing asli terlihat di bawah mikroskop. Mereka ada di air jadi mereka harus dikelilingi air karena kalau tidak mereka akan langsung mati karena terlalu kering sehingga anda dapat melihat bahwa sebenarnya gerakan mereka lebih kuat,” papar Microbehaunter saat menampilkan penampakan cacing melaui mikroskop.
 
Situs covid-19.go.id juga telah menyebut video viral masker ada cacing adalah hoaks. Situs resmi pemerintah itu menjelaskan bahwa adanya benda bergerak dalam video yang viral itu adalah serat kain yang bereaksi terhadap kondisi lembab.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait