menu
user
URnews

Nol Kasus COVID-19, Warga Victoria Kini Boleh Lepas Masker

Anisa Kurniasih,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nol Kasus COVID-19, Warga Victoria Kini Boleh Lepas Masker
Image: Ilustrasi COVID-19 (Freepik)

Jakarta - Warga Victoria dengan ibu kota Melbourne, Australia kini dilaporkan tidak perlu lagi memakai masker mulai hari Jumat(26/32021) ketika mereka mengunjungi toko atau supermarket setelah Departemen Kesehatan melaporkan nol kasus COVID-19 hingga Minggu (28/3/2021).

Melansir dari ABC, Menurut Pejabat sementara Menteri Utama Victoria, James Merlino, masker masih harus digunakan bila bepergian menggunakan transportasi umum, taksi, di rumah sakit dan di rumah perawatan lansia (panti jompo).

Selain itu guys, warga juga sekarang diperkenankan untuk menerima tamu sampai 100 orang setiap harinya. Sementara acara kumpul-kumpul di luar ruangan bisa mencapai 200 orang.

Pembatasan kerja di kantor-kantor juga dilonggarkan. Jumlah pekerja yang bisa masuk diserahkan ke perusahaan masing-masing asal tetap memenuhi aturan satu orang per dua meter persegi. Lalu, pegawai negeri di Victoria juga akan diminta kembali bekerja di kantor paling tidak tiga hari dalam seminggu.

Sekretaris Cabang Victoria dan Community and Public Sector Union (CPSU) Karen Batt mengatakan, langkah tersebut tidak akan wajib dan akan menjadi subjek negosiasi yang sesuai dengan ketentuan EBA.

Sementara itu, untuk klub malam, lantai dansa, kasino, dan tempat karaoke akan tunduk dengan jarak satu orang per dua meter persegi tanpa batasan pengunjung secara keseluruhan.

Tempat hiburan dalam ruangan (indoor) tanpa tempat duduk juga diperbolehkan menampung kapasitas mencapai 75 persen dengan batas keseluruhan 1.000 orang per ruangan.

Kemudian, pembatasan di gym dan fasilitas olahraga juga  tidak terlalu ketat yaitu satu orang per dua meter persegi, atau satu orang per empat meter persegi jika tidak ada staf.

Sistem bisnis di Victoria pun akan diminta untuk pindah ke sistem kode QR Service atau dengan kode QR mereka sendiri, yang mungkin ditautkan ke sistem pemesanan makanan atau minuman yang datanya terhubung dengan pemerintah secara real time.

Namun, kepala petugas kesehatan Brett Sutton mengatakan, sangat penting bagi warga Victoria untuk mempertahankan kebiasaan berkelanjutan seperti menjalani tes dan menjauh dari pertemuan jika mereka tidak sehat.

Dia mengatakan,sementara aturan mengenai penggunaan masker yang diamanatkan akan dilonggarkan tetapi orang-orang harus tetap mempertimbangkan untuk mengenakan masker setiap kali mereka berada di dalam ruangan yang tidak bisa berjaga jarak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait