Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Clubhouse Luncurkan Audio Spasial, Bikin Pembicaraan Terasa Hidup

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Clubhouse Luncurkan Audio Spasial, Bikin Pembicaraan Terasa Hidup
Image: Ilustrasi aplikasi Clubhouse. (Instagram @join.clubhouseapp)

Jakarta - Clubhouse secara resmi meluncurkan audio spasial. Fitur ini bikin percakapan terasa lebih hidup dan berada di dekat kita loh.

Bagi pendengar, audio spasial ini meniru cara kita menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama, dengan mengatur jarak masing-masing speaker di kabel pendengar, atau headphone bluetooth (termasuk Airpods) atau sistem stereo yang terdapat di mobil. 

Selain itu, sumber musik/stereo akan diposisikan sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar musik/stereo itu sendiri.

Sementara untuk para kreator Clubhouse, audio spasial ini akan membuka lebih banyak peluang untuk dapat berkreasi dan bereksperimen dengan kekuatan audio yang ada di aplikasi ini. 

Bagaimana Audio Spasial Bekerja?

1613122738-Ilustrasi-app-Clubhouse.pngSumber: Ilustrasi aplikasi Clubhouse. (Instagram @join.clubhouseapp)

Clubhouse menjelaskan, otak manusia bekerja ibarat instrumen luar biasa yang dapat memproses isyarat, seperti jarak, frekuensi, dan getaran untuk lebih memahami dari mana suatu suara berasal. 

Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, software yang ada di Clubhouse pertama-tama menetapkan posisi untuk setiap pembicara di sebuah 'room', dan secara merata menetapkan posisi tersebut agar seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman mendengarkan suara dengan lebih jelas dan maksimal.

Kemudian software ini mengaktifkan HRTF dan beberapa pemroses suara tambahan untuk tiap suara agar suara yang dikeluarkan oleh pembicara terdengar seakan-akan datang dari satu posisi spesifik. 

Software ini bahkan bisa diaplikasikan ke dalam sumber stereo, misalnya musik, untuk kemudian memberikan pengalaman dan efek stereo layaknya di suatu lingkungan spasial.

Fitur Audio Spasial akan tersedia untuk untuk para pengguna iOS dan secepatnya akan dapat dirasakan oleh para pengguna Android.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait