Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

COVID-19 Akan Jadi Epidemi, Menkes: Kita Hidup dengan Mereka 5-10 Tahun

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
COVID-19 Akan Jadi Epidemi, Menkes: Kita Hidup dengan Mereka 5-10 Tahun
Image: Menkes Budi Gunadi Sadikin. Sumber: YouTube Ministry of Finance Republic of Indonesia

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut ada kemungkinan bahwa pandemi tidak akan cepat hilang dan berubah menjadi epidemi. Bahkan ia memperkirakan bahwa kita akan hidup berdampingan dengan virus Corona dalam waktu 5 hingga 10 tahun ke depan.

Hal itu disampaikan oleh Budi dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022 yang disiarkan secara langsung dari YouTube Kementerian Keuangan RI, Senin (16/8/2021) lalu.

"Pandemi ini tidak akan hilang dengan cepat, mungkin akan berubah jadi epidemi dan kita musti hidup dengan mereka selama bisa 5 tahun, bisa 10 tahun, bisa juga lebih lama dari itu," kata Budi seperti dikutip Urbanasia pada Rabu (18/8/2021).

Oleh sebab itu Budi menyampaikan bahwa fokus pemerintah dalam penanganan COVID-19 saat ini bukan menghapus pandemi, melainkan mengendalikannya.

"Jadi fokus kita adalah tidak langsung menghapus pandemi ini, tapi bagaimana kita bisa mengendalikan pandemi ini dengan memastikan laju penularannya selalu di bawah kapasitas layanan kesehatan kita," ungkapnya.

Untuk menghadapi kemungkinan tersebut, Budi mengaku pihaknya telah menyiapkan tiga strategi penanganan COVID-19. Pertama, perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat atau yang biasa kita kenal dengan 3M.

Kedua, melakukan deteksi dengan baik. Mulai dari testing, lacak, dan isolasi. Budi mengatakan dua strategi ini akan diarahkan kepada orang sehat untuk mengurangi laju penularan. Kemudian tak ketinggalan, Budi mengungkapkan bahwa vaksinasi menjadi strategi yang ketiga untuk menangani pandemi COVID-19 ini.

"Semuanya tujuannya untuk mengurangi laju penularan," kata Budi.

"Tiga strategi ini akan terus berjalan hingga sampai pandemi berubah menjadi epidemi. Jadi jangan mengendorkan hal ini walaupun kasusnya sudah turun, bahkan menjadi bagian kehidupan sehari-hari ke depannya," pungkasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait