Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

COVID-19 di RI Membaik, Kemenkes Sebut BOR RS Turun Jadi 17,14 Persen

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
COVID-19 di RI Membaik, Kemenkes Sebut BOR RS Turun Jadi 17,14 Persen
Image: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Humas Kemenkes)

Jakarta - Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia mulai membaik. Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin menyebut adanya penurunan positivity rate dan bed occupancy rate (BOR) nasional secara signifikan.

"Positivity rate mulai menurun ke batas normal WHO (World Health Organization) di bawah 5 persen. Kemudian BOR rumah sakit sudah kembali ke angka normal yakni 17,14 persen," kata Menkes Budi Gunadi dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Selain penurunan dua indikator tersebut, Budi Gunadi juga menyebut tingkat tracing kasus COVID-19 makin membaik.

"Tracing-nya juga sudah jauh lebih baik, mendekati standar WHO di atas 15," sambungnya.

Budi menjelaskan, rata-rata kasus harian COVID-19 kini menyentuh angka 5 ribu kasus dalam sepekan terakhir. Jumlah kematian nasional juga menurun drastis. Kasus kematian harian kini berada di angka 270, dengan rata-rata kasus 460 pasien per minggunya.

Budi menjelaskan angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan puncak kasus sebelumnya yang mencapai 2 ribu pasien.

"Dari enam indikator WHO, kasus konfirmasi sudah masuk level 1.  Jadi level yang paling baik itu di bawah 20 kasus per 100 ribu penduduk tiap minggunya. Baik untuk rawat inap maupun angka kematian nasional sudah turun ke level 2," paparnya.

Meski situasi pandemi COVID-19 membaik, Budi Gunadi berjanji untuk mempertahankan strategi penanganan corona di Indonesia, termasuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait