Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Cristiano Ronaldo Dapatkan Kembali Nomor 7 di Man United?

Rezki Maulana,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cristiano Ronaldo Dapatkan Kembali Nomor 7 di Man United?
Image: Cristiano Ronaldo kembali berseragam Man United. (Twitter @ManUtd)

Manchester - Masalah baru muncul setelah kedatangan Cristiano Ronaldo. Apakah Ronaldo bisa mengenakan seragam nomor tujuh yang selama ini identik dengannya?

Ronaldo resmikan kepulangannya ke Manchester United, Selasa (31/8/2021) kemarin dengan kontrak dua tahun dan opsi perpanjangan setahun. Ronaldo mendapat gaji yang terbilang tinggi di MU, sekitar 400 ribu paun per pekan.

Dengan gaji setinggi itu, jelas Ronaldo dijamin jadi starter dan pembicaraan kini menuju pada nomor punggung yang akan dipakainya. Selama kariernya, Ronaldo memang identik dengan nomor 7 dan dia pernah mengenakan nomor itu pada periode pertamanya bersama Man United.

Masalahnya, nomor tersebut sudah didaftarkan atas nama Edinson Cavani musim ini karena memang dipakai sejak musim lalu. Sementara itu peraturan Premier League menyebut bahwa nomor punggung tidak bisa diubah apabila sudah terdaftar, kecuali pemiliknya pergi.

Maka dari itu, Ronaldo akan kemungkinan memakai nomor punggung 28 yang sempat dipakainya semasa memperkuat Sporting CP. Lalu, nomor 9 yang juga dipakai pada musim pertamanya di Real Madrid sudah dimiliki Anthony Martial.

"Sebelum permulaan dari setiap musim, setiap klub harus mengalokasikan nomor yang berbeda untuk setiap anggota tim utama. Klub juga harus mengalokasikan nomor untuk setiap pemain yang gabung tim utama saat musim berjalan," ujar pernyataan resmi Premier League.

"Selama dia tetap di klub, si pemain akan memiliki nomor yang diberikan kepadanya di sepanjang musim. Setelah pemain meninggalkan klub, nomor yang diberikan kepadanya bisa dialokasikan kembali."

Meski begitu, ada peluang Ronaldo tetap bisa memakai nomor tersebut setelah kepergian Daniel James ke Leeds United di pengujung bursa transfer. Nomor 21 yang sebelumnya dipakai James bisa saja digunakan Cavani, yang identik dengan nomor itu bersama Timnas Uruguay.

MU bisa saja mengajukan dispensasi khusus kepada Premier League agar mengizinkan nomor 7 berganti ke Ronaldo, meski hal ini belum pernah terjadi sepanjang sejarah Premier League.

Ronaldo sebenarnya bisa memakai nomor 7 tersebut saat bermain di Liga Champions, karena memang diizinkan menggunakan nomor punggung berbeda. Ini pernah terjadi pada Henrikh Mkhitaryan pada musim 2017/2018 bersama AS Roma, yakni nomor 7 di Serie A dan nomor 77 di Liga Europa.

Mantan bek Man United Wes Brown menggunakan nomor 24 di Premier League dan 30 di Liga Champions saat meraih treble pada 1998/1999.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait