Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Destinasi Wisata di Malang Raya Kembali Dibuka? Ini Jawaban Dispora

Shelly Lisdya,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Destinasi Wisata di Malang Raya Kembali Dibuka? Ini Jawaban Dispora
Image: Green Valley Bromo, salah satu destinasi wisata di Malang Raya. (Instagram @travelingmalang)

Malang - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali mulai dilonggarkan, sebagian destinasi wisata di beberapa daerah pun mulai dibuka. Namun, bagaimana di Malang Raya yang notabene kota pariwisata?

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora), Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, jika sejauh ini wisata di Kota Malang belum dibuka. 

Namun, ada sejumlah daerah tujuan wisata yang diusulkan untuk diizinkan beroperasi saat masa PPKM Level 3.

"Kami tengah mengusulkan ke kementerian agar destinasi seperti kampung tematik segera dibuka," katanya belum lama ini.

Saat ini, dikatakan Ida, pemerintah pusat masih belum memberikan rekomendasi terkait permintaan untuk membuka sejumlah destinasi wisata kampung tematik tersebut. 

Pasalnya, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, agar destinasi wisata bisa diizinkan beroperasi. Salah satunya adalah menerapkan aplikasi PeduliLindungi pada tiap-tiap destinasi wisata. 

Nantinya, penerapan aplikasi PeduliLindungi, akan disosialisasikan kepada para pengelola kampung tematik yang ada.

"Kalau aplikasi ini kan harus ada Person In Charge (PIC), dan ini penting, agar pengawasan bisa optimal. Jika tidak, nanti yang masuk kategori merah, bisa masuk ke destinasi wisata," katanya.

Sementara itu di Kabupaten Malang nantinya akan dilakukan uji coba pembukaan lima destinasi wisata, antara lain Lembah Indah di Kecamatan Ngajum, Wisata Flower Santera di Pujon, Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata Sanankerto Boonpring dan Pantai Balekambang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Made Arya Wedanthara mengatakan, uji coba pembukaan destinasi wisata di Kabupaten Malang akan dilakukan sekitar pekan ini.

"Nantinya akan terus kami pantau bagaimana kesuksesan penerapan protokol kesehatan di sana. Jika memang dengan membuka wisata ini tidak menyebabkan tingkat penyebaran COVID-19 semakin tinggi, maka kedepan kemungkinan seluruh tempat wisata juga akan boleh beroperasi kembali. Namun harus tetap menerapkan aplikasi PeduliLindungi," katanya Selasa, 5 Oktober 2021.

Sedangkan di Kota Batu, hingga kini sudah ada empat destinasi wisata yang sudah dibuka. Antara lain Jawa Timur Park 2, Taman Rekreasi Selecta, Batu Love Garden, dan Museum Angkut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait