Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Digelar Virtual, Festival Panji Nusantara Angkat soal Kejayaan Majapahit

Shelly Lisdya,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Digelar Virtual, Festival Panji Nusantara Angkat soal Kejayaan Majapahit
Image: Tari Bapang Pakasa Malang. (YouTube TV Panji)

Jakarta - Komunitas Seni Budaya BrangWetan dan Institut Budaya Panji (IBS) menyelenggarakan Festival Panji Nusantara secara virtual.

"Festival digelar sejak 7 Januari 2022 hingga hingga 4 Februari 2022," ujar Ketua Komunitas Seni Budaya BrangWetan Henri Nurcahyo di Surabaya, Jawa Timur, dikutip Antara, Rabu (12/1/2022).

Festival budaya tersebut ditayangkan setiap Jumat pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB melalui saluran media zoom dan streaming YouTube TV Panji.

Setiap tayangan dengan durasi satu jam diikuti oleh tiga sanggar atau lembaga yang masing-masing tampil selama 20 menit.

Festival budaya ini bertujuan sebagai sarana sosialisasi budaya panji kepada masyarakat luas yang diikuti peserta dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang dan Pacitan. Termasuk diikuti komunitas dari Surakarta dan Indramayu.

Menurut Henri, melalui festival ini sekaligus dapat mendokumentasikan serta membuat database karya-karya maupun aktivitas terkait budaya panji yang dipopulerkan di masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Hingga kini masih dikisahkan dalam berbagai lakon kesenian rakyat.

"Festival ini juga sebagai sarana promosi komunitas atau lembaga maupun institusi yang peduli terhadap budaya panji," ucapnya.

"Berbeda dengan acara festival biasanya, penampil dalam Festival Panji Nusantara juga menyajikan proses kreatif di balik karya," lanjutnya.

Henri menjelaskan setiap satu jam penayangan oleh tiga kelompok peserta atau penampil diisi oleh materi pengantar pembawa acara, profil sanggar atau lembaga beserta kegiatannya, sajian kesenian dan ditutup dengan dialog.

Sedangkan untuk jadwal penampilan peserta ditentukan oleh panitia berdasarkan pemerataan asal peserta dan keberagaman penampilan.

Pada Jumat, 7 Januari lalu, Sanggar Tari Topeng Mimi Rasinah dari Indramayu tayang perdana. Kemudian dilanjutkan penampilan dari Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya dan Sanggar Wayang Beber 'Lung'.

Kemudian pada Jumat, 14 Januari mendatang, akan ditampilkan Mulyo Joyo Enterprise dari SurabayaPadepokan Topeng Mangundarmo, Tumpang, Malang, dan Sanggar Raff Dance Company, Sidoarjo.

Selanjutnya siap tampil hingga 4 Februari 2022 adalah Padepokan Topeng Panji Asmarabangun dari Pakisaji Malang, Universitas Ciputra Surabaya, Ira Kusumorasri dari SIPA/IMF Surakarta, Wayang Beber SMAN 1 Pacet Mojokerto, Museum Panji Tumpang, Malang, dan Omah Panji Kediri.

Berikutnya, Wayang Krucil Ki Hardjito Kediri, Sanggar Budaya Renaissance Sumberpucung Malang serta Wayang Gedog dari Sanggar Sekar Adiwirama Kediri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait