Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Dinas Kesehatan Bekasi Bantah Temuan Varian Omicron dari 4 Warga DKI

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dinas Kesehatan Bekasi Bantah Temuan Varian Omicron dari 4 Warga DKI
Image: Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Bekasi - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti menampik kabar yang diduga empat orang terpapar varian Omicron

Enny memastikan bahwa informasi dengan para camat di ruang rapat Bupati Bekasi salah persepsi dan tidak benar.

“Kemarin saya coba menjelaskan berita yang tentang dugaan warga Kabupaten Bekasi. Bahwa yang positif tersebut bukan warga Kabupaten Bekasi bukan juga yang positif Omicron itu warga Jakarta dan kejadiannya sudah lama tanggal 23 November sudah selesai karantinanya di Wisma Atlet Jakarta. Dan juga bukan Omicron,” ujarnya mengklarifikasi pada Rabu (8/12/2021).

Sementara itu, Wakil Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Masrikoh mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan tidak ada temuan kasus varian baru virus corona B.1.1.529 atau dikenal Omicron asal Afrika Selatan yang telah terdeteksi muncul di sejumlah Negara Benua Eropa.

"Zero case (nol kasus) tidak ada temuan Omicron, saya pastikan," kata Masrikoh, dikutip Antara.

Dari 42 kasus aktif di Kabupaten Bekasi per hari ini tidak ada varian Omicron. Jumlah kasus aktif itu pun mengalami penurunan dari 48 kasus sehari sebelumnya.

"Ada kesalahpahaman soal temuan kasus positif pekan lalu. Kebetulan pemeriksaan dilakukan di salah satu laboratorium wilayah kami dan itu juga belum dapat dipastikan varian baru, infonya sedang diperiksa di laboratorium kesehatan Jawa Barat," katanya.

Masrikoh menjelaskan temuan kasus positif itu bermula saat 20 Warga Negara Asing bersama tujuh Warga Negara Indonesia tiba dari luar negeri di terminal 3 kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta beberapa pekan lalu.

Sesuai kebijakan pemerintah, lanjutnya, 19 warga di antaranya melakukan kewajiban tes PCR yang sampelnya diproses di Laboratorium Farmalab Cibitung, Kabupaten Bekasi.

"Hasilnya positif, saat ini mereka sudah melakukan isolasi di hotel pilihan dan wisma atlet. Tidak ada warga Bekasi jadi semua isoman di Jakarta meskipun laporan NAR-nya masuk ke kita," katanya.

Sebelumnya, santer diberitakan jika varian Omicron disebut sudah ditemukan di Indonesia. Kabar tersebut mulanya disampaikan oleh Kadinkes Bekasi usai melakukan pemeriksaan sampel di salah satu laboratorium.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait