Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Diperingati Tiap 14 November, Ini Sejarah Hari Diabetes

Elga Nurmutia,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Diperingati Tiap 14 November, Ini Sejarah Hari Diabetes
Image: ilustrasi diabetes (Foto: Freepik//Rawpixel)

Jakarta - Setiap tahunnya, pada 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Tujuannya agar terjadi peningkatan kesadaran di masyarakat dalam menjaga kesehatan, khususnya penyakit diabetes. 

Lalu, adapun tema dari Hari Diabetes Sedunia 2021-23, yaitu "Access to Diabetes Care" yang artinya akses untuk perawatan diabetes. Berikut ini, telah dirangkum oleh Urbanasia mengenai sejarah dan tema hari diabetes sedunia dari berbagai sumber.

Baca Juga : 5 Tips Cegah Diabetes Selama di Rumah Aja 

Sejarah Hari Diabetes Sedunia

Diabetes menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, bahkan amputasi anggota tubuh pada bagian bawah. Diet sehat, aktivitas fisik dan menghindari rokok mampu mencegah atau menunda diabetes tipe 2.

Kemudian, 14 November merupakan tanggal untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia. Hal itu diinisiasi pada tahun 1991 oleh Federasi Diabetes Internasional dengan dukungan dari WHO atas dasar kekhawatiran yang berkembang mengenai ancaman kesehatan serta ekonomi yang disebabkan oleh diabetes.

Baca Juga : Banyak Makan Korban, Kenali Beberapa Gejala Diabetes Ini

14 November dipilih karena pada tanggal itu merupakan ulang tahun Sir Frederick Banting, ilmuwan yang menemukan insulin pada awal tahun 1920-an. Insulin sangat dibutuhkan penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Tahun 2007 Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi 61/225 dan juga menetapkan 14 November menjadi Hari Diabetes Sedunia. Dalam dokumen tersebut mengakui “kebutuhan mendesak untuk mengejar upaya multilateral untuk mempromosikan dan meningkatkan kesehatan manusia, dan menyediakan akses untuk pengobatan dan pendidikan perawatan kesehatan.”

Bahkan, adanya resolusi itu juga mendorong Negara-negara Anggota (member State) untuk mengembangkan kebijakan nasional dalam pencegahan, pengobatan dan perawatan diabetes sejalan dengan pembangunan berkelanjutan dari sistem perawatan kesehatan mereka.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait