Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Dituding Remehkan Indonesia karena Ganti Kiper, Pelatih Thailand Minta Maaf

Nivita Saldyni,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dituding Remehkan Indonesia karena Ganti Kiper, Pelatih Thailand Minta Maaf
Image: Pelatih timnas Thailand, Alexandre Mano Polking (Instagram @changsuek).

Jakarta - Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking beri klarifikasi soal tudingan meremehkan timnas Indonesia. Hal ini karena adanya pergantian kiper yang dilakukan Thailand dalam pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Indonesia, Rabu (29/12/2021). 

Pada laga kali ini, awalnya Thailand menurunkan Siwarak Tedsungnoen sebagai penjaga gawangnya. Namun kemudian ia ditarik keluar dan digantikan oleh Kawin Thamsatchanan di menit ke-75.

Pergantian itu terjadi saat Thailand unggul sementara dengan skor 3-0. Keputusan ini kemudian mengundang perhatian publik. Bahkan tak sedikit yang mengkritik keputusan tersebut dan menudingnya telah meremehkan timnas Garuda.

Penjelasan Alexandre Mano Polking

Sorotan negatif itu pun sampai ke telinga Alexandre Mano Polking. Pelatih berdarah Brazil-Jerman itu pun mengaku memiliki alasan mengambil keputusan tersebut saat menghadapi timnas Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2021.

1640854375-Kawin-kiper-thailand.jpgSumber: Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan (Instagram @kawiator_26).

Kepada wartawan, ia meminta maaf atas hal tersebut. Ia pun membantah bahwa pergantian kiper itu dilakukan untuk meremehkan timnas Indonesia. 

Ia menjelaskan bahwa langkah itu diambil karena ia ingin menyemangati Kawin yang baru saja mendapat kabar duka tentang kepergian sang ayah, tepat sebelum leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Indonesia.

"Saya memikirkan hal ini sebelum pertandingan, saya tidak bermaksud untuk tidak menghormati tim nasional Indonesia," kata Polking usai pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020, seperti dikutip dari Bangda24H, Kamis (30/12/2021).

"Saya menggantikan Kawin karena dia menerima berita sedih hari ini, ayahnya baru saja meninggal, jadi saya ingin Kawin memiliki momen bahagia hari ini," jelasnya.

Saat memberikan keterangan itu, Polking pun tak kuasa menyembunyikan emosinya. Ia bahkan sempat menangis di ruang konferensi pers saat menjawab pertanyaan dari salah satu awak media itu.

"Banyak pemain telah diganti dalam pertandingan ini. Hari ini kami harus memberikan penghargaan kepada semua pemain. Sebuah kehormatan bisa melatih mereka semua," sambungnya.

Sementara itu, laga Timnas Indonesia vs Thailand leg pertama berakhir dengan skor 0-4. Kedua tim akan kembali bertemu untuk memperebutkan gelar juara Piala AFF 2020 pada leg kedua yang digelar di National Stadium, pada Sabtu (1/1/2022) malam.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait