beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Ramah Lingkungan, Ini 5 Kreasi Daur Ulang Barang Bekas

Suci Nabila Azzahra,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
DIY Ramah Lingkungan, Ini 5 Kreasi Daur Ulang Barang Bekas
Image: DIY (Foto: Freepik/Rawpixel)

Jakarta - Kamu punya banyak barang bekas yang menumpuk di rumah? Jangan terburu-buru membuangnya, kamu bisa lho membuat barang bekas memiliki fungsi baru.

Caranya dengan membuat kreasi DIY dari barang bekas. Dengan sedikit kreativitas, berbagai barang bekas juga bisa disulap menjadi suatu hal yang estetik dan bernilai guna.

DIY barang bekas ini juga bisa kamu sebut sebagai upcycling atau memberikan fungsi yang berbeda pada suatu barang yang sudah tidak terpakai. Mau mendekorasi rumah dengan tampilan baru dari barang bekas? Yuk, lihat beberapa ide kreasinya berikut ini.

1. Rak Buku dari Tangga Lama

1656485259-IMG-9187.jpgSumber: Rak buku dari tangga lama (Foto: Pinterest Welke.nl)

Tangga kayu yang sudah terlihat lapuk dan tidak terpakai juga bisa lho tetap berfungsi dengan baik sebagai rak buku. Paku tangga di kedua ujungnya pada dinding. Gantung tangga di tembok rumah dan buatlah sedikit penahan agar rak tidak terlalu menempel pada dinding.

Agar terlihat lebih baru, kamu bisa memilih untuk mengecat tangga lama terlebih dahulu. Namun, apabila kamu suka dengan tampilan rustic, kamu bisa membiarkan tampilan kayunya terlihat natural tanpa finishing.

2. Pot Bunga dari Kaleng Bekas

1656485451-IMG-9190.jpgSumber: Pot bunga gantung dari kaleng bekas (Foto: Pinterest Simple Stylings)

Kaleng-kaleng bekas makanan atau susu tentu akan membuat rumah berantakan jika dikumpulkan terlalu banyak. Agar lebih ramah lingkungan, kamu bisa menggunakan kaleng bekas ini sebagai pot bunga sederhana. Membuatnya pun cukup mudah. kamu hanya perlu membersihkan kaleng terlebih dahulu sebelum dihias sesuai selera. Kamu bisa menempelkan stiker bergambar atau mengecatnya agar tampilannya terlihat berbeda dan unik.

Untuk aliran airnya, kamu bisa melubangi kaleng bekas menggunakan paku. Setelah itu kamu bisa mengisi kaleng bekas tersebut dengan tanah.

3. Gantungan dari Sendok Bekas

1656485124-IMG-9193.jpgSumber: Jangan dipakai menggantung yang berat-berat ya, Guys (Foto: Pinterest Casa.com.br)

Punya banyak sendok atau garpu yang sudah usang dan tak terpakai? Kamu bisa memanfaatkan sendok dan garpu tersebut menjadi tempat menggantung kunci atau baju.

Kamu hanya perlu membengkokkannya dan kemudian tempelkan pada sebuah bidang kayu yang ada di tembok. Gantungan dari sendok atau garpu bekas ini cocok digunakan untuk menggantung benda yang tergolong ringan.

4. Pot Bunga dari Sepatu

1656485043-IMG-9195.jpgSumber: Pot bunga lucu dari sepatu bekas (Foto: Pinterest Awesome picture)

Di rumah ada sepatu yang tidak berguna karena rusak atau sempit? Jangan dibuang dulu, manfaatkan saja sepatu bekas tersebut menjadi pot bunga cantik seperti foto di atas. Kamu bisa menata beberapa sepatu bekas yang telah ditanami beberapa tanaman hias mungil.

Pot dari sepatu ini juga bisa kamu gunakan untuk menanam berbagai bumbu dapur. Tak hanya fungsional, pot bunga dari sepatu ini pun terlihat manis untuk dijadikan dekorasi rumah.

5. Hiasan Dinding dari Piring Vintage

1656484926-IMG-9199.jpgSumber: Hiasan piring vintage untuk tembok estetik (Foto: Pinterest/May)

Mau mempercantik tampilan dinding rumah? Tak harus membeli karya seni dengan harga yang mahal. Kamu juga bisa lho, membuat hiasan dinding dari piring-piring cantik bermotif vintage. Untuk tampilan lebih minimalis, gunakan piring polos dengan warna natural.

Agar bisa menempel pada tembok dengan sempurna dan tidak jatuh, tempelkan piring menggunakan lem tembok. Sebelum dipasang pada tembok, sebaiknya susun dulu piring di lantai dan lihat dulu apakah polanya sudah sesuai dengan keinginan kamu.  

Selain mempercantik tampilan rumah, DIY dari barang bekas di atas juga lebih ramah lingkungan lho. Sudah siap berkreasi?

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait