beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Donald Trump Umumkan Diri Jadi Calon Presiden di Pemilu AS 2024

Putri Rahma,
16 November 2022 11.59.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Donald Trump Umumkan Diri Jadi Calon Presiden di Pemilu AS 2024
Image: Presiden AS Donald Trump. (Sky News)

Jakarta - Donald Trump secara resmi mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2024. Trump menyampaikan rencananya tersebut dalam kampanye di Klub Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida.

“Kebangkitan Amerika dimulai sekarang. Untuk membuat Amerika hebat dan mulia lagi, malam ini saya mengumumkan pencalonan diri saya sebagai Presiden Amerika Serikat,” ucap Donald Trump, Rabu (16/11/2022).

Pengumuman tersebut diumumkan di tengah penyelidikan atas perilakunya pada 6 Januari 2021 ketika gerombolan perusuh menyerbu Capital AS atas namanya dalam upaya untuk menghentikan sertifikasi kemenangan pemilihan Joe Biden dan penangannya terhadap dokumen rahasia setelah Trump meninggalkan Gedung Putih.

Dengan banyaknya penyelidikan kriminal dan perdata yang sedang berlangsung, para ahli dan beberapa tokoh lainnya pun memperkirakan bahwa pembicaraannya terkait kampanye pencalonan diri sebagai Presiden itu dalam upaya untuk mengalihkan perhatian orang Amerika.

“Dia takut kalah di tahun 2024. Dia benci dikenal sebagai pecundang. Dia akan membicarakannya tanpa henti,” jelas Mantan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Trump sendiri pergi setelah satu masa jabatan pada Januari 2021 setelah menjabat sebagai presiden pertama dalam sejarah yang tidak secara pribadi menyambut penggantinya ke Gedung Putih dengan menghadiri upacara pelantikan. Trump memilih untuk terbang ke klub khusus anggotanya di Florida saat Biden dilantik.

Meski begitu, Mantan Presiden tersebut tetap terlibat dalam politik sejak meninggalkan jabatannya dan melakukan kampanye paruh waktu bersama beberapa kandidat Partai Republik yang kontroversial tahun ini. Melihat kinerja Partai Republik yang melemah itu membuat para anggota partainya sendiri meminta untuk Trump untuk tidak mengikuti pemilu tahun 2024 nanti atau setidaknya menunggu untuk membuat pengumuman sampai putaran kedua Senat Georgia selesai.

“Partai Republik masih menjadi partai Donald Trump, dan sekarang sudah terlambat bagi para pemimpin GOP untuk menyingkirkannya. Sebagian besar pendukungnya setia kepadanya, bukan Partai Republik, jadi jika Trump bukan calon pada tahun 2024 ia akan pergi,” ujar pengacara negara bagian Palm Beach Country Dave Aronberg.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait