Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Dosen FTG Unpad: Geowisata Mampu Seimbangkan Konservasi dan Ekonomi

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dosen FTG Unpad: Geowisata Mampu Seimbangkan Konservasi dan Ekonomi
Image: Wisata Air Terjun Bidadari. Sumber: Instagram @curug_bidadari

Jakarta - Sumber daya geologi di Indonesia sangat melimpah. Untuk itu, konservasi harus dilakukan agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak serta merta mengalami kerusakan. 

Tidak sekadar eksploitasi, pemanfaatan sumber daya geologi dapat dimaksimalkan melalui aktivitas geowisata.

Menurut Dosen Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (Unpad), Sapari Dwi Hadian, geowisata merupakan bentuk kegiatan wisata yang memanfaatkan fenomena kebumian dari lingkungannya sebagai daya tarik utamanya.

Berdasarkan rangkuman para ahli, Sapari menyimpulkan bahwa geowisata menjadi bentuk wisata yang mengombinasikan unsur abiotik, biotik, serta budaya atau manusia. Hal ini bertujuan agar pembangunan berkelanjutan yang dilakukan untuk melindungi alam juga mampu menyejahterakan masyarakat.

"Akktivitas geowisata dapat dilakukan melalui kunjungan ke berbagai situs geologi, baik perorangan maupun rombongan," ujar Sapari seperti dikutip dari laman FTG Unpad, Jumat (6/8/2021).

Rute-rute geowisata yang tersedia dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki, bersepeda, hingga menggunakan kendaraan bermotor. Dalam hal ini, peran aktif masyarakat lokal sangat diperlukan guna menyediakan beragam kearifan lokal berbasis geologi, seperti geotur, geoproduk, georestoran, hingga geosouvenir.

“Upaya ini berkaitan erat dengan aktivitas pariwisata dalam mengisi pembangunan berkelanjutan tersebut, terutama dalam hubungannya antara aspek abiotik, biotik, dan budaya,” tandasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait