beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Dota 2 hingga Paypal Tak Dapat Diakses, Tagar #BlokirKominfo Trending

William Ciputra,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dota 2 hingga Paypal Tak Dapat Diakses, Tagar #BlokirKominfo Trending
Image: Logo Kominfo. (Istimewa)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tampaknya serius terkait ancaman akan memblokir penyedia sistem elektronik yang tidak mendaftarkan diri ke PSE Kominfo. 

Sejumlah situs yang diketahui tidak mendaftarkan diri sebagai PSE di Indonesia hari ini diblokir dan tidak dapat diakses. Beberapa situs itu antara lain game streaming Steam, Dota 2, Counter-Strike Global Offensive, hingga situs transfer uang lintas negara Paypal.

Pantauan Urbanasia pada Sabtu (30/7/2022) pukul 10.55 WIB, situs Paypal dengan domain paypal.com sama sekali tidak bisa diakses dengan pop up pesan ‘situs tidak dapat dijangkau’. 

Begitu pula dengan situs-situs game online seperti Dota 2, Counter-Strikes: Global Offensive, Epic Games, Origin, hingga Steam. 

Selain platform tersebut, situs mesin pencari milik Yahoo, Yahoo Search juga tidak dapat dibuka dengan pesan yang sama yaitu situs tidak dapat dijangkau. 

Belum Daftar PSE

Sebelumnya, Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat teguran kepada platform game online itu pada 23 Juli 2022. 

Teguran itu, kata Semuel, diberikan lantaran platform tersebut tak kunjung mendaftarkan diri sebagai PSE hingga batas waktu yang ditentukan. Dalam teguran itu, Kominfo memberikan waktu 5 hari kerja hingga tanggal 29 Juli 2022. 

“Jadi kami mengirimnya tanggal 23 hari Sabtu, bukan hari kerja. Makanya berlakunya Jumat sekarang. Karena kami harus verifikasi, jadi dikirim 23 Juli. Maka takedown-nya nanti (tengah) malam,” kata Semuel dalam keterangan persnya, Jumat kemarin.

Tagar ‘Blokir Kominfo’ Trending

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait