beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Situs PSE Sempat Hadapi Serangan 'Musuh dalam Selimut'

Shinta Galih,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Situs PSE Sempat Hadapi Serangan 'Musuh dalam Selimut'
Image: Situs PSE (Foto: Dirjen Aptika Kominfo)

Jakarta - Situs pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kominfo dilaporkan sulit diakses gegara diretas. Pihak Kominfo membenarkan hal tersebut.

"Sempat ada serangan besar-besaran terkait list untuk bisa mengecek, bukan pendaftaran. Kami harus mengalami puluhan jutaan serangan," terang Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat Media Gathering bertajuk Literasi Digital dan Membuat Ruang Digital Kondusif di Jakarta.

"Kok info buat masyarakat diserang, musuh dalam selimut. Kita sudah benerin, diserang lagi," keluhnya.

Semuel pun tidak habis pikir kenapa situs PSE yang sejatinya untuk membantu masyarakat dan media untuk bisa mengecek pendaftaran PSE malah diganggu.

"Tapi ya nggak apa-apa, namanya juga risiko. Ada prosesnya," pungkas Semuel.

Diberitakan sebelumnya Urbanasia sempat mencoba menakses situs yang beralamatkan pse.kominfo.go.id pada Sabtu malam (23/7/2022) sayangnya tidak bisa. Selalu muncul pop-up pesan "Kesalahan di Sisi User" setiap mencoba mengklik bagian pencarian.

Namun pada Minggu (24/7/2022), pesan tersebut sudah tidak muncul. Hanya saja ketika melakukan pencarian tidak menampilkan hasil.

Lewat akun Twitter Teguh Aprianto, Pakar IT yang juga Cyber Security Consultant dan founder of Ethical Hacker Indonesia, mengungkap kalau situs daftar PSE Kominfo telah diretas. Dia melampirkan sejumlah tangkapan layar sebagai bukti dugaan tersebut.

"Perjalanan situs PSE @kemkominfo yang menjadi bagian dari proyek 963 M: 23 Juli: Insiden web error tapi malah nyalahin user.
23 Juli: Hacked. 24 Juli: Taken down. Mess with the best, die like the rest #BlokirKominfo," tulisnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait