beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Duh, Elon Musk Pecat Tim Kurasi Twitter

Shinta Galih,
18 November 2022 18.36.36 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Duh, Elon Musk Pecat Tim Kurasi Twitter
Image: Instagram/elonmusk

Jakarta - Elon Musk kembali pecat pegawai Twitter. Tapi kali ini agak mengkhawatirkan dampaknya sebab mereka yang di-PHK adalah tim kurasi.

Dilanis laman BBC, Kamis (17/11/2022), selama ini tim kurasi bekerja menangkal cuitan yang menyesatkan atau salah, menyoroti sumber berita terpercaya, dan membuat utas yang terdiri dari unggahan terpercaya seputar isu yang sedang tren dalam bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Terdapat unit-unit yang berbeda mencakup konten dalam bahasa Inggris, Spanyol, Arab, Hindi, Tamil, Portugis, dan Jepang.

Unit-unit itu bekerja dari Sydney, Singapura, London, Accra, Tokyo, Mexico City, dan São Paulo, serta di seluruh Amerika Serikat.

Tim Disinformasi BBC World Service berbicara dengan lima mantan pekerja unit kurasi yang bekerja dalam berbagai bahasa di seluruh dunia.

"Kami sangat mendunia. Satu-satunya yang memiliki mata dan telinga terbuka di berbagai negara," kata seorang pekerja senior.

Ketika konten yang terprogram itu berakhir, pengguna kemungkinan akan merasakan tidak ada lagi kurasi di Twitter. Hal ini sudah terjadi di beberapa negara.

Pekan lalu, 'Kementerian Pertahanan' menjadi salah satu topik hangat di Brasil, yang baru saja rampung menggelar pemilu yang kontroversial.

Topik yang sedang tren di antaranya termasuk cuitan palsu yang menyatakan bahwa pemerintah telah menemukan bukti kecurangan dalam sistem elektoral.

Dengan adanya kurasi, topik itu kemungkinan akan ditambahkan dengan cuitan yang menyanggah disinformasi. Tanpa upaya itu, informasi yang salah dibiarkan menyebar tak terkendali.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait