menu
user
URsport

Eks Presiden Barcelona Bartomeu Ditangkap Akibat Kasus Suap

Rezki Maulana,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Eks Presiden Barcelona Bartomeu Ditangkap Akibat Kasus Suap
Image: Eks Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu ditangkap karena skandal (@barcacentre/Twitter)

Barcelona - Kabar tidak sedap datang dari Barcelona menyangkut mantan presidennya Josep Maria Bartomeu. Bartomeu ditangkap kepolisian karena kasus suap.

Kasus suap ini berawal dari skandal Barcagate yang ramai Februari tahun lalu. Barcelona disebut menggandeng konsultan media atau bisa disebut buzzer bernama i3 Ventures.

i3 Ventures ini bertugas menyerang lawan-lawan politik Bartomeu kala itu. Tak cuma lawan politik, bahkan para pemain Barcelona sendiri yang menentang Bartomeu ikut kena semprot seperti Lionel Messi dan Gerrard Pique, hingga mantan pelatih Pep Guardiola serta mantan presiden Joan Laporta.

Dalam aksinya, i3 Ventures membuat akun-akun palsu di media sosial untuk menyerang Messi dkk. Muncul juga isu dugaan korupsi dalam skandal ini pada September 2020, ketika jasa sewa buzzer digelembungkan hingga lebih dari 600 % harga pasaran.

i3 Ventures tidak bekerja sendirian karena juga ada beberapa perusahaan lain yang terlibat di sini. Berbagai tuduhan dalam skandal ini sempat disebut tak terbukti karena adanya audit dari firma Price Waterhouse Coopers.

Tapi, pihak kepolisian tidak menyerah karena pada musim panas 2020, ada permintaan dari hakim agar sejumlah petugas kepolisian menggeledah kantor Barcelona demi mengumpulkan bukti

Setahun berselang, pihak kepolisian Spanyol akhirnya memutuskan untuk menggeledah kantor Barcelona karena skandal ini. Penggeledahan dilakukan Senin (1/3/2021) waktu setempat.

Tak cuma menggeledah, kepolisian lokal kabarnya juga sudah melakukan penangkapan kepada mereka yang dianggap terlibat. Dan salah satu yang diciduk adalah Bartomeu yang merupakan mantan Presiden Barcelona.

Bartomeu tak sendiri karena ada  tiga orang lainnya juga dikabarkan diciduk, yakni mantan CEO klub Oscar Grau, penasihat Bartomeu, Jaume Masferrer, dan kepala pelayanan legal klub Roman Gomez Ponti.

Tentu saja penangkapan ini makin memperburuk citra Bartomeu yang sudah hancur menyusul berbagai macam kasus hingga perselisihannya dengan Lionel Messi awal musim lalu, hingga membuat kapten tim itu nyaris cabut.

Bartomeu sudah mundur dari jabatannya di akhir 2020 lalu dan Barcelona akan mengadakan pemilu presiden dalam waktu dekat ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait