Portimao - Kejuaraan dunia balapan motor grand prix 2020 tuntas sudah. Selain Joan Mir, ada juga Enea Bastianini yang juara dunia Moto2 dan Albert Arenas juara dunia Moto3.

Joan Mir lebih dulu memastikan gelar juara dunia sebelum seri pamungkas di MotoGP Portugal akhir pekan kemarin. Joan Mir memastikan gelar juara dunia di MotoGP Valencia.

Sayangnya, Joan Mir antiklimaks saat gagal finis pada balapan di Portimao. Meski demikian, persaingan seru tetap tersaji di arena Moto2 dan Moto3 pada seri terakhir.

Di kelas Moto2, Enea Bastianini tampil sebagai juara berkat finis kelima di Portugal. Bastianini punya 205 poin, unggul sembilan poin atas Luca Marini dan Sam Lowes sebagai pesain terdekatnya.

Pada balapan di Portugal, Remy Gardner jadi pemenang dengan Marini serta Lowes finis kedua dan ketiga. Ini jadi gelar juara dunia pertama Bastianini yang naik ke kelas MotoGP tahun depan.

Uniknya, Bastianini akan berada satu tim dengan Marini di tim satelit Ducati di 2021. Di kelas Moto3, Albert Arenas secara dramatis finis ke-12 untuk memastikan gelar juara di Portugal.

Dengan tambahan empat poin, Arenas (174 poin) mengungguli Tony Arbolino dan Ai Ogura yang sama-sama punya 170 poin. Sampai jumpa lagi di musim 2021!

Klasemen akhir MotoGP 2020:

1. Joan Mir
2. Franco Morbidelli
3. Alex Rins

Klasemen akhir Moto2 2020:

1. Enea Bastianini
2. Luca Marini
3. Sam Lowes

Klasemen akhir Moto3 2020
1. Albert Arenas
2. Tony Arbolino
3. Ai Ogura

* hanya posisi tiga besar

Komentar
paper plane