beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Review Film 'Qodrat', Ketika Keimanan Ahli Rukiah Diuji

Eronika Dwi, 20 Oktober 2022 01.19.41
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Review Film 'Qodrat', Ketika Keimanan Ahli Rukiah Diuji
Image: Konferensi Pers Film 'Qodrat'. (Urbanasia/Eronika)

Jakarta - Film 'Qodrat' hadir dengan sajian horor berbalut islami. Film ini mengupas tentang ilmu rukiah untuk menyembuhkan mereka yang kerasukan hal gaib. 

Karya penulis dan sutradara Charles Gozali ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Marsha Timothy, Maudy Effrosina, Randy Pangalila, Cecep Arif Rahman, Keanu Azka Briansyah, Jason Bangun, Pritt Timothy, Whani Darmawan, dan Agla Artalidia.

Alur cerita film 'Qodrat' diambil dari latar waktu berpuluh-puluh tahun lalu ketika ilmu rukiah yang dimiliki Ustad Qodrat (Vino G Bastian) berhasil menolong orang lain, namun malah tidak manjur untuk merukiah anaknya sendiri, Alif Al Fatanah (Jason Bangun).

(Mengandung spoiler)

Adegan film dibuka ketika Ustad Qodrat merukiah anaknya, Alif, yang kerasukan iblis bernama As'suala. 

Sayang, usaha Qodrat gagal hingga membuat Alif meninggal. Alif dibunuh As'suala dengan cara yang mengerikan. Ya, film ini sudah dibuka dengan adegan penuh darah. 

Akibat kejadian tersebut, Qodrat harus mendekam di penjara. Hidupnya berantakan, ia tak peduli lagi akan kehidupannya, bahkan ia menjadi ragu akan kekuasaan Tuhan, Allah SWT. 

Kehilangan Alif bukanlah yang pertama dalam hidup Qodrat, sebelumnya ia lebih dulu ditinggal istrinya, Azizah. Sayang, tak diungkap bagaimana Qodrat kehilangan istrinya itu dan sepertinya baru akan diungkap di sekuel? Entahlah... 

Saat di penjara, Qodrat rupanya terus dihantui iblis yang telah membunuh anaknya itu. Iblis itu bahkan berusaha membunuh Qodrat. 

Adegan kemudian berganti dengan Qodrat yang berada di sebuah padang pasir. Di sanalah Qodrat akhirnya sadar bahwa selama ini ia telah jauh dari Tuhan. 

Ketika terbangun, Qodrat sudah ditutup kain. Rupanya ia mengalami mati suri. 

Sejak kejadian itu, ia memutuskan untuk pulang ke pesantren, tempat di mana Qodrat menimba ilmunya dulu. Namun ia terkejut karena tempat itu sudah jauh berbeda, bahkan banyak gangguan-gangguan yang tak masuk akal.  

Di situlah Qodrat berhadapan lagi dengan traumanya saat harus merukiah Alif Amri (Keanu Azka Briansyah), anak bungsu Yasmin (Marsha Timothy) yang tak bisa ia tolak karena kesamaan nama dengan mendiang anaknya.

Di tengah ujian yang meruntuhkan jiwanya, Qodrat harus kembali menghadapi amukan As'suala. Kali ini, Qodrat dihadapkan pada pilihan antara menuruti kemarahannya atau kembali menemukan keimanannya.

Film 'Qodrat' sarat akan pesan, Guys. Film ini mengingatkan akan iman dan kepercayaan kita atas keagungan Tuhan. 'Qodrat' seakan memberi cambukan bagi manusia yang sering meragukan Tuhan karena apa pun takdir Tuhan itu adalah yang terbaik bagiNya. 

Jumpscare di film ini cukup membuat jantungan, Urbanreaders. Terlebih saat aksi lampu dan ketika Yasmin kerasukan As'suala. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait