Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Fakta Lampu Warna-Warni Bak Diskotek di Masjid Istiqlal

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Fakta Lampu Warna-Warni Bak Diskotek di Masjid Istiqlal
Image: Masjid Istiqlal/Instagram@kemenpupr

Jakarta  - Belum lama publik dibuat heboh adanya video yang menampilkan lampu warna-warni di dinding kubah Masjid Istiqlal.

Dalam video yang beredar di media sosial, nampak ruang ibadah utama tersebut memantulkan cahaya merah, hijau dan biru yang silih berganti.

Potongan klip itu menuai beragam kritik dari netizen. Mereka menyebut lampu itu membuat suasana masjid mirip diskotek.

Berikut fakta-fakta lampu warna-warni di Masjid Istiqlal yang telah Urbanasia rangkum!

1. Uji coba lampu

Lampu di kubah dalam Masjid Istiqlal bukanlah instalasi permanen, melainkan bagian dari proses pengecekan.

"Ini video internal tim installator lampu saat lamp and controller checking," tulis seorang lighting designer di @_nichtglauben.

"Lalu kenapa RGB, itu karena skema warna di interior Istiqlal untuk mengikuti warna sinar matahari, dari pagi hingga petang (circadian rythm). Gaada sama sekali warna RGB kayak diskotik gitu ya," imbuhnya.  

Seperti dilaporkan KemenPUPR, void Masjid Istiqlal dipasangi 300 titik lampu utama dan 3,300 lampu ambiens menggunakan LED RGBAW. Dengan teknologi ini, pencahayaan di Masjid Istiqlal akan terang layaknya di luar ruangan, tetapi tidak terik.

Baca Juga: Pemprov DKI Minta Maaf soal Nyanyian Asmaul Husna di Masjid Istiqlal

2. Usung Teknologi Smart Lamp

Bekerja sama dengan Signify, lanskap dalam dan luar Masjid Istiqlal dipasangi ribuan lampu LED pintar. Aula salat utama dilengkapi dengan Unistrip G4 RGBW.  

Teknologi ini bisa mengubah suhu warna berbeda sesuai dengan sinar matahari alami (putih pada siang dan kuning saat senja) sehingga menciptakan iluasi ibadah di bawah langit terbuka layaknya di Masjidil Haram.

Di bagian dalam kubah, dipasang 192 lampu Dynamic yang bisa berganti warna dari full white ke warm white. Sementara itu, 20 lampu 100 watt dipasang di sekeliling kubah bagian luar.

Dengan mengusung konsep bulan, kubah Masjid Istiqlal juga bisa berganti warna sesuai dengan cahaya bulan seperti full moon, red moon, dan blue moon.

3. Bagian dari Renovasi Masjid Istiqlal

Pencahayaan smart lamp ini adalah bagian dari renovasi Masjid Istiqlal yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari lalu. Setelah diresmikan, arsitektur Masjid Istiqlal sebagai tempat ibadah sekaligus cagar budaya menjadi jauh lebih cantik dan megah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait