beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Festival Sama Chakeva, Perayaan Kasih Sayang Antar Saudara

Shelly Lisdya,
12 November 2022 18.31.41 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Festival Sama Chakeva, Perayaan Kasih Sayang Antar Saudara
Image: Gadis-gadis dalam pakaian tradisional ambil bagian dalam perayaan festival Sama Chakeva di Kathmandu, Nepal, 8 November 2022. (Xinhua)

Jakarta - Festival Sama Chakeva, yang ditandai di Kathmandu Nepal, India, pada 8 November, dirayakan oleh komunitas Tharu untuk menandai hubungan kasih sayang antara saudara laki-laki dan perempuan.

Selain hubungan kasih sayang, perayaan ini juga merupakan festival doa untuk umur panjang, kesehatan, dan kemakmuran. 

Para suster membuat patung tanah liat dari karakter yang disebutkan dalam cerita Sama Chakeva. Gadis-gadis berkumpul di dekat ghats chhath dengan keranjang berisi berhala kecil Sama dan Chakeva, lilin, kohl, dan peralatan sehari-hari yang terbuat dari tanah liat untuk perayaan. 

Mengutip dari India News, pada kesempatan ini, semua saudari memainkan permainan festival Sama Chakeva selama lebih dari seminggu untuk kemakmuran saudara mereka dengan membuat Sama Chakeva Vrindavan Chugla dan berhala lainnya dari rumah ke rumah. 

Selain itu, melalui lagu-lagu merdu, saudara-saudara didoakan untuk kemakmuran. Semua wanita dan saudari mengucapkan selamat kepada saudara mereka. 

Pada hari Chhath, setelah pagi Arghya, patung Sama Chakeva dibuat dengan membawa tanah liat dari sana, sedangkan saat ini orang merayakan festival ini dengan membeli patung yang dibuat dari pasar itu sendiri. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait