Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Fungsi Tulang Pengumpil, Hasta dan Lengan Atas di Tubuh Manusia

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Fungsi Tulang Pengumpil, Hasta dan Lengan Atas di Tubuh Manusia
Image: Ilustrasi tulang manusia. (Freepik)

Jakarta - Manusia punya 206 tulang dalam tubuhnya, di antaranya adalah tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang lengan atas. Apa fungsi tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang lengan atas? Yuk, kita bahas di bawah ini!

Ketiga tulang tersebut termasuk tulang anggota gerak atas atau tungkai atas. Posisi ketiganya juga berdekatan.

Tulang pengumpil letaknya di bagian lateral tulang hasta, yakni dari area tulang ibu jari sampai ke lengan bawah. Kalau tulang hasta letaknya ada di bagian lengan bawah, yakni di tulang jari kelingking dan memanjang hingga ke siku.

Sementara tulang lengan atas atau humerus letaknya di lengan atas, yakni antara sendi bahu dan siku.

Tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang lengan atas berjalan bersamaan dalam menjalankan fungsinya. Adapun fungsi tulang-tulang tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Tulang Pengumpil

Meski bentuknya padat seperti pipa, rupanya tulang pengumpil berfungsi sebagai rotasi yang membuat sendi dan otot pergelangan tangan bisa berotasi.

Tak hanya itu saja, berkat tulang pengumpil jugalah kita bisa mengangkat benda ke atas. Fungsi tulang pengumpil lainnya yaitu sebagai tempat pelekat otot-otot lengan juga penghubung pergelangan tangan dan lengan atas.

2. Fungsi Tulang Hasta

Tulang yang letaknya ada di bagian lengan bawah ini berfungsi sebagai penghubung pergelangan tangan dan lengan. Karena letaknya yang berdekatan dengan tulang pengumpil, tulang hasta juga punya memiliki fungsi yang hampir serupa.

Adapun fungsi tulang hasta adalah membantu rotasi pergelangan tangan, jadi tempat pelekat otot lengan, membentuk struktur lengan bawah, juga membentuk humerus serta sendi siku.

3. Fungsi Tulang Humerus

Tulang yang letaknya di antara sendi bahu dan siku ini punya fungsi menghubungkan sendi putar di area bahu. Tulang humerus juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot penting serta tulang yang membuat lengan bisa bergerak berotasi dan siku berotasi. 

Itu dia fungsi tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang lengan atas yang ada di dalam tubuh manusia. Semoga bermanfaat ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait