menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Galau Masa Depan di Usia 20-an, Harus Apa ya?

Griska Laras,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Galau Masa Depan di Usia 20-an, Harus Apa ya?
Image: Pixabay

Jakarta - Usia 20-an adalah masa-masa krusial bagi seseorang. Sebab, pada usia ini kita mulai menilai masa depan dan mempertanyakan tujuan hidup.

Hal tersebut rupanya juga dirasakan oleh Urbanreaders berinisial R. Dalam program cURhat, kolaborasi Urbanasia dan Psikolog Intan Erlita dari Hijrah Coach, R, mengaku lebih sering menggunakan tujuan hidup saat memasuki 20 tahun. 

"Kenapa ya masuk umur 20an tuh jadi lebih mikir mau gimana dan dibawa kemana hidup itu," tanya R melalui DM Instagram Urbanasia.

Menanggapi hal ini, Psikolog Intan Erlita mengatakan hal itu adalah proses yang wajar yang wajar, ketika memasuki fase dewasa awal. 

"Karena di usia 20-an secara perkembangan sudah masuk ke dewasa awal, jadi sudah masuk ke fase memikirkan hidup lebih serius. Berbeda dengan jaman waktu usia belasan, dimana masih usia remaja jadi belum terlalu memikirkan tentang masa depan," jelas Intan. 

Selain faktor kedewasaan, menurut Intan, faktor lingkungan juga turut berperan dalam memengaruhi cara berpikir seseorang.
 
"Karena itu, jadi usia 20-an mulai, kehidupan lebih serius apalagi mungkin beberapa teman di lingkungannya sudah mulai bahasannya serius. Jadi mulailah banyak pertanyaan tentang hal-hal hidup dalam diri mereka," paparnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait