menu
user
URguide

5 Hal yang Bikin Milenial Sering Galau, Kamu Termasuk?

Itha Prabandhani,
30 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hal yang Bikin Milenial Sering Galau, Kamu Termasuk?
Image: Ilustrasi milenial galau. (Pexels/Anna Shevts)

Jakarta - Hal apa sih yang sering bikin kamu merasa galau, guys? Percintaan? Pekerjaan? Kuliah yang belum kelar? Dompet tipis? Atau masa depan?

Di umur-umur dewasa awal, yaitu 20an, wajar kalau kamu merasa bingung dan tidak tahu apa yang mesti dilakukan. Pikiran yang tak menentu ini bisa bikin kamu merasa gelisah dan tidak tenang.

Kalau kamu pun tengah merasakan kegalauan, kamu nggak sendiri, guys. Nggak sedikit milenial yang juga merasakan kegalauan yang sama.

Berikut beberapa hal yang umumnya bikin galau para milenial dan cara mengatasinya. Yuk, disimak guys!

1. Bokek

1616076311-bokek---pexels-karolina-grabowska.jpegSumber: Ilustrasi bokek. (Pexels/Karolina Grabowska)

Di usia segini biasanya kamu udah mulai malu untuk minta uang kepada orang tua. Jatah bulanan dari orang tua pun makin terbatas.

Kalau kamu nggak pinter mengatur uang, hobi nongkrong sama teman, atau tergoda flash sale dari toko online, nggak heran lah kalau kamu seringnya bokek.

Biar kamu nggak sering galau menjelang akhir bulan, perhatikan lagi cara mengatur keuanganmu. Lihat pengeluaran apa saja yang bikin pemborosan dan apa yang bisa dihemat.

Pertimbangkan juga untuk mencari pekerjaan sampingan buat menambah uang jajanmu.

2. Bertengkar sama Pacar

1616076495-bertengkar---pexels-vera-arsic.jpegSumber: Ilustrasi bertengkar. (Pexels/Vera Arsic)

Buat kamu yang punya pacar, konflik dengan pacar pasti bikin hati dan pikiran jadi nggak karuan.

Kamu pun jadi nggak semangat untuk melakukan apapun, karena bingung memikirkan solusi untuk permasalahan percintaanmu.

Situasi ini jangan sampai menghambat aktivitasmu, dong. Cobalah untuk mengambil waktu sejenak dan menjaga jarak dengan pacar.

Jernihkan pikiranmu dan biarkan emosimu mereda. Setelah kamu merasa lebih tenang, coba bicarakan lagi masalahmu dengan baik-baik.

Jangan mengambil keputusan apapun saat hatimu masih kacau, ya. Bersikaplah terbukalah dan selesaikan masalahmu dengan kepala dingin.

3. Kelamaan Menjomblo

1616077791-jomblo---pexels-helena-lopez.jpegSumber: Ilustrasi jomblo. (Pexels/Helena Lopez)

Ternyata nggak cuma yang punya pacar aja yang bisa galau, guys. Status jomblo alias nggak punya pacar bisa membuat kamu merasa kesepian dan ngenes karena nggak punya teman berbagi.

Tapi sebenarnya, menjomblo nggak selalu menyedihkan, kok. Justru di saat masih single, kamu bisa melakukan banyak hal yang kamu sukai, meng-upgrade kualitas diri, mengejar mimpi, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga punya banyak waktu untuk berkumpul dengan sahabat dan keluarga. Jadilah jomblo berkualitas yang selalu happy dan berpikir positif.

4. Menyelesaikan Skripsi

1616077827-skripsi---pexels-ivan-samkov.jpegSumber: Skripsi. (Pexels/Ivan Samkov)

Kayaknya hampir semua mahasiswa bakal galau saat memasuki fase kuliah yang satu ini.

Sibuk bolak balik kampus untuk berkonsultasi dengan dosen, berkutat dengan skripsi siang dan malam, belum lagi harus berkali-kali melakukan revisi. Proses ini memang bakal bikin kamu frustrasi.

Lantas, harus gimana dong?

Biar bagaimana pun, menulis skripsi adalah hal yang harus kamu lakukan untuk bisa lulus kuliah. Fokuslah pada prosesnya dan terapkan kedisplinan pada dirimu sendiri.

Atur jadwal yang tetap dan buatlah deadline untuk menyelesaikannya. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada kakak kelas, teman, atau dosen, jika kamu menemui hambatan.

Selain itu, untuk menjaga pikiran tetap segar, sempatkan untuk refreshing setiap kali kamu merasa stuck dan kehabisan ide. Lalu, mulai lagi saat mood kamu sudah lebih baik.

5. Mencari Kerja

1616077890-cari-kerja---pexels-yan-krukov.jpegSumber: Ilustrasi cari pekerjaan. (Pexels/Yan Krukov)

Salah satu tanggung jawab orang yang dewasa adalah bisa hidup mandiri. Kamu bisa berdiri di atas kaki sendiri kalau kamu punya penghasilan, guys.

Namun, mencari pekerjaan bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, di masa sulit seperti ini.

Solusinya, kamu mesti sabar dan tetap gigih untuk mencoba segala kesempatan. Terus asah kemampuanmu agar kamu lebih kompetitif dalam mencari pekerjaan.

Jangan terpaku pada jenis pekerjaan yang dianggap ‘ideal’. Cobalah peruntungan di segala bidang yang menawarkan kesempatan karena semua pengalaman pasti akan berguna.

Jika kamu belum berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginanmu, jangan mudah putus asa. Yakinlah bahwa semua usaha akan memberikan hasil yang terbaik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait