menu
user
URnews

Gali Potensi Anak Indonesia, Accor Buka Sanggar di Jakarta

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gali Potensi Anak Indonesia, Accor Buka Sanggar di Jakarta
Image: sanggar ATFAC Accor di kawasan Cipinang, Jakarta Timur (Accor)

Jakarta –  Setelah beberapa kali berpindah tempat, Accor akhirnya membuka sanggar baru  A Trust For A Child (ATFAC) di kawasan Cipinang, Jakarta Timur bertepatan dengan peringatan 20 tahun ATFAC.

Program ATFAC sendiri adalah konsep inovatif yang menggabungkan kelestarian lingkungan dan pengentasan kemiskinan yang didirikan pada tahun 2001 oleh Accor serta dioperasikan melalui Yayasan Peduli Tunas Bangsa.

Program tersebut bertujuan untuk membantu anak-anak kurang mampu dan keluarganya mendapatkan akses untuk mendukung pembelajaran setelah jam sekolah, makanan bergizi, fasilitas olahraga dan sosial, sambil mengajari mereka cara merawat lingkungan hidup. 

Saat ini, Accor memiliki 2 sanggar tetap yakni di Cipinang, Jakarta Timur dan di Bedugul, Bali untuk menghasilkan lulusan yang andal dan terampil, beberapa diantaranya bekerja di hotel-hotel Accor. 

Di sanggar ini, anak-anak ATFAC bisa nyaman melakukan kegiatan belajar setelah jam sekolah dan menikmati fasilitas antara lain area yang lebih luas, dapur, aula, ruang komputer, ruang belajar yang lebih banyak, kamar mandi, dan  teras yang lebih luas.  

“Selama lebih dari 20 tahun, tim kami yang penuh semangat di Indonesia telah mendukung program A Trust for a Child dan dua momen paling memuaskan dalam karir saya adalah membuka sanggar kami di Jakarta dan Bali,” kata Garth Simmons, CEO Accor Southeast Asia, Japan and South Korea dalam acara Peringatan 20 Tahun ATFAC pada Hari Jumat (19/3/2021).

Garth mengungkapkan, melalui upaya penggalangan dana, Accor kini telah membeli sanggar di Jakarta untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi lebih banyak masyarakat di Indonesia. Bahkan. di pasca COVID-19 ini, pihaknya ingin memberikan dampak lebih besar.

1616240664-Sanggar-ATFAC-Jakarta-(3).jpegSumber: sanggar ATFAC Accor di kawasan Cipinang, Jakarta Timur (Accor)

“Harapan kami adalah setiap anak di Indonesia akan memiliki akses ke pendidikan, gizi, lingkungan yang bersih dan masa depan yang berkelanjutan di mana mereka memiliki kesempatan kerja yang berarti dan suara mereka didengar,” kata dia.

Pada acara yang sama, Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kemen PPPA, Lenny N Rosalin secara daring menyampaikan apresiasinya atas usaha yang telah dilakukan oleh grup Accor melalui program CSR ATFAC. 

“Accor telah menunjukan komitmen tinggi dan langkah nyata untuk mendukung anak-anak dan keluarga kurang mampu. Apa yang telah dilakukan oleh Accor sebagai pelaku usaha sejalan dengan 4 pilar perlindungan anak yang disebutkan dalam Undang-undang Perlindungan Anak yaitu pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan media”, ujar Lenny. 

Lenny menambahkan bahwa sebesar 32 persen atau sepertiga populasi  Penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 84,4 juta jiwa adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun. Mereka merupakan masa depan bangsa dan generasi penerus bangsa. Peran penting dari 4 pilar ini sangat diharapkan demi kesejahteraan anak-anak Indonesia.

Seperti diketahui, dukungan untuk kedua sanggar selama ini berasal dari kontribusi hotel-hotel Accor di Indonesia melalui donasi dari karyawan dan tamu, keuntungan dari penjualan souvenir ATFAC, dan penjualan barang-barang daur ulang.

Di masa-masa perekrutan, lebih dari seratus anak di sanggar di Jakarta dan Bali yang mengikuti program ATFAC. Tercatat tujuh puluh satu alumni yang telah  lulus SMA atau SMK, tiga diantaranya menyelesaikan pendidikan sampai tingkat perguruan tinggi dengan jurusan ilmu sosial, kedokteran, dan perhotelan. Sebanyak empat belas alumni kini bekerja di hotel-hotel Accor, sedangkan  empat puluh anak aktif belajar di kedua sanggar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait