menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Malang, Tidak berpotensi Tsunami

Shelly Lisdya,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Malang, Tidak berpotensi Tsunami
Image: Ilustrasi gempa. (Pixabay)

Malang - Gempabumi baru saja dirasakan oleh masyarakat Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu, (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dari laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) dengan kekuatan 6,7 magnitudo.

Dari laporan BMKG, titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 kilometer.

Hingga kini belum dapat diketahui ada atau tidaknya dampak dari gempa ini. Namun BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI," demikian BMKG, Sabtu (10/4).

1618040746-gempa-bumi-malang.jpegSumber: Dok. BMKG

Sementara itu, dari yang dirasakan tim Urbanasia di Malang, gempa di kota terjadi dua kali dengan durasi hampir tiga menit. Pengunjung dalam pusat perbelanjaan atau mall sempat berhamburan keluar gedung.

"Hingga hari Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," terang BMKG.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," imbau BMKG.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait