beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Generasi Muda yang Kerja atau Buka Usaha di IKN Nusantara Akan Dapat Insentif

Agung Pratama Satria,
21 Februari 2022 14.38.11 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Generasi Muda yang Kerja atau Buka Usaha di IKN Nusantara Akan Dapat Insentif
Image: Desain calon ibukota baru Indonesia di Kalimantan. (dok. Kementrian PUPR)

Jakarta – Sebagaimana kita tahu, rencana Ibu Kota Negara (IKN) sudah menjadi perbincangan di tengah masyarakat Indonesia. Salah satu rencana induk IKN mengungkapkan adanya berbagai insentif bagi generasi muda yang bertalenta unggul untuk datang, menetap, serta bekerja atau membuka usaha di sana.

“Insentif fiskal dan non-fiskal dapat disediakan untuk meningkatkan daya tarik investasi dan talenta unggul antara lain terkait perpajakan, dukungan relokasi, sarana, dan prasarana kota yang layak huni,” merujuk Lampiran II UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN mengenai Rencana Induk IKN yang dikutip ANTARA, Senin (21/2).

Selain yang sudah disebutkan tadi, juga terdapat insentif lainnya. Insentif lainnya antara lain akses kepada lahan dan perumahan yang terjangkau, kemudahan dalam perizinan, pengadaan barang dan jasa, ekspor dan impor, serta dukungan penciptaan pasar produk-produk baru hasil dari klaster ekonomi baru tersebut, dan lainnya.

Insentif-insentif yang disebutkan tadi dapat menjadi dukungan kepada kawasan IKN sebagai kota dan pusat ekonomi superhub yang kompetitif dan memiliki daya tarik. Target yang disasar memang talenta unggul khususnya pada kalangan generasi muda.

Dengan target tersebut, harapannya generasi muda tadi dapat menjadi klaster-klaster ekonomi kelas di IKN serta secara linear dapat menggerakan juga perekonomian di daera Provinsi Kalimantan Timur secara berkelanjutan.

Untuk sebutan Pemerintah Daerah Khusus IKN Nusantara sendiri disebut Otorita IKN. Otorita IKN ini memiliki kedudukan setingkat kementerian dengan tugas melakukan persiapan, pembangunan, pemindahan IKN serta penggunaan anggaran atau penggunaan barang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait