beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Menteri PPN: Ibu Kota Negara Baru Bernama Nusantara

Elga Nurmutia,
18 Januari 2022 09.12.14 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menteri PPN: Ibu Kota Negara Baru Bernama Nusantara
Image: Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (ANTARA/HO-Bappenas)

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi Nusantara. Hal itu sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Pansus RUU IKN di Jakarta,  dikutip dari ANTARA, Senin (17/1/2022).

Suharso juga menambahkan, Nusantara dipilih karena sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, mulai dari domestik hingga global. Sehingga, nama tersebut menjadi sebuah ikon bagi Indonesia.

Bukan hanya itu, ia juga menjelaskan tentang pemilihan nama Nusantara karena dapat merepresentasikan nusantara dan keberagaman Republik Indonesia. 

“Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” jelas Kepala Bappenas.

Suharso pun mengaku, nama Nusantara sudah dipilih sejak lama. Meskipun demikian, hal itu belum diizinkan dibagikan ke publik sebelumnya.

“Mengenai nama ibu kota titik-titik itu memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan Surat Presiden itu tapi kemudian ditahan,” jelasnya.

Perlu diketahui juga, Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) ditargetkan selesai pada Januari 2022. 

Sementara itu, saat ini pemerintah gencar untuk mendengarkan masukkan dari sejumlah pihak, termasuk para akademisi dalam menyempurnakan regulasi ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait