beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung, Ridwan Kamil: Sedang OTW Jabar

Nivita Saldyni,
9 Agustus 2022 20.04.06 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung, Ridwan Kamil: Sedang OTW Jabar
Image: Dok. PT Kereta Cepat Indonesia China

Jakarta - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tampaknya bakal segera tiba di Tanah Air. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pengerjaan 11 set lokomotif dan gerbong kereta cepat Jakarta-Bandung pabrik kereta China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang di Qingdao, Shandong, Cina bakal segera tiba di Jawa Barat (Jabar).

"Kereta cepat Jakarta-bandung, 11 set lokomotif & gerbongnya sudah selesai di pabriknya di Qingdao Tiongkok. Sedang OTW menuju Jawa Barat. Interior dengan tema Batik Megamendung juga terlihat sudah diaplikasikan," cuit Ridwan Kamil di Twitter, Senin (8/8/2022) malam.

Meski tak memberitahu kapan perkiraan rangkaian kereta untuk proyek KCJB akan tiba, Ridwan Kamil memastikan kereta ini mulai beroperasi penuh pada Juni tahun depan. Tahun ini, KCJB bakal diuji coba mulai bulan November saat perhelatan Presidensi G20 berlangsung.

"Uji coba 1 set saat summit G20 di November dan kemudian berbagai tes dilakukan setelahnya sampai nanti saat dioperasikan penuh di Juni 2023," jelasnya.

"Semoga lancar dan menjadi kebanggaan kita semua memiliki kereta api cepat atau high speed rail pertama di ASEAN. Kecepatan maksimal 350 km/jam," pungkas Ridwan Kamil.

Sebelumnya, 11 rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek KCJB mulai dikirim dari Cina ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022). Pada saat yang sama, satu unit Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi juga sudah rampung diproduksi dan dikirim ke Tanah Air. 

"Hari ini pengiriman EMU perdana, EMU dan CIT ini akan menandai satu sejarah karena ini adalah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari Tiongkok ke luar negeri," kata Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi pada Jumat (5/8/2022).

Pengiriman EMU dan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi ini menjadi ekspor perdana kereta cepat buatan Cina ke luar negeri.

Sehingga total akan ada 12 rangkaian kereta produksi CRRC Sifang yang dikirim ke Indonesia. Sebelum dikirim, seluruh unit EMU dan CIT dipastikan sudah menyelesaikan static test dan dynamic test.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait