Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Gokil! Apple Jadi Perusahaan Bernilai Rp 42.000 Triliun

Shinta Galih,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gokil! Apple Jadi Perusahaan Bernilai Rp 42.000 Triliun
Image: Pixabay

Jakarta - Apple resmi menjadi perusahaan pertama yang mencapai kapitalisasi pasar atau valuasi US$3 triliun (Rp42.930 triliun). Pencapaian itu disebabkan naiknya saham menjadi US$ 182,86 pada penjualan Senin (3/1).

Kendati saham perusahaan ditutup US$ 182,01 yang membuat kapitalisasi pasar Apple sekitar US$ 2,99 triliun, pencapaian ini menjadi simbol kedigdayaan raksasa teknologi asal Cupertino. Karena banyak perusahaan yang terkapar karena badai pandemi COVID-19 sepanjang 2021.

Di bawah Apple, ada Microsoft Corp yang sekarang bernilai sekitar US$2,5 triliun. Diikuti Alphabet Inc, Amazon.com Inc dan Tesla Inc memiliki nilai pasar di atas US$ 1 triliun. Saudi Arabian Oil Co bernilai sekitar US$ 1,9 triliun.

"Pasar memberi penghargaan kepada perusahaan yang memiliki fundamental dan neraca yang kuat, dan perusahaan yang mencapai kapitalisasi pasar besar semacam ini telah membuktikan bahwa mereka adalah bisnis yang kuat dan bukan spekulasi," kata Scott Wren, ahli strategi pasar global senior di Wells Fargo Investment Institute dikutip dari Reuters.

Untuk diketahui Apple berhasil melipatgandakan valuasinya dalam waktu kurang dari empat tahun. Perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu menjadi perusahaan dengan valuasi US$ 2 triliun pada Agustus 2020.

Pencapaian tersebut kurang dari setengah tahun setelah Apple mencapai angka USD 1 triliun. Pada kuartal keempat tahun fiskal 2021 pendapatan Apple diperkirakan naik 29% dari tahun ke tahun. iPhone masih menjadi pendorong penjualan terbesar, bisnis layanan Apple tumbuh 25,6% dari tahun ke tahun dan menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 18 miliar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait