Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Google Doodle Peringati Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam
Image: Google Doodle ulang tahun ke-93 Ellya Khadam. (Google)

Jakarta - Google doodle menampilkan ilustrasi Ellya Khadam untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-93, hari ini, Sabtu (23/10/2021).

Pada halaman Google tampak berbagai peralatan musik yang membentuk tulisan Google. Sementara pada bagian huruf "O" kedua, menampilkan wajah penyanyi Ellya Khadam yang mengenakan busana bak penyanyi India.

Kali ini, Doodle dibuat oleh artis asal Semarang, Fatchurofi Muhammad.

Lahir di Jakarta pada 23 Oktober 1928, pelantun "Boneka dari India" ini memulai kariernya sebagai penyanyi dalam Orkes Melayu Kelana Ria pimpinan Adi Karso dan Munif Bahasuan. 

Pada tahun 1960an, orkes yang dibawa penyanyi dengan nama lengkap Siti Alya Husnah ini melahirkan beberapa penulis lagu Melayu populer yang kemudian berkembang menjadi tonggak awal genre musik dangdut.

Ellya Khadam juga dikenal sebagai penulis lagu yang paling populer, selain Boneka Dari India, dua di antaranya adalah Djandji dan Pergi Tanpa Pesan. Bahkan, ia juga terkenal dalam mempopulerkan lagu Beban Asmara (1961, Cipt. Munif B.) dan Ogah Ah!.

Pada tahun 1970-an Ellya juga disibukkan bermain dalam berbagai film (terutama film musik) Indonesia. Pada dekade tersebut ia mendirikan grup musik untuk mendukung penampilannya di kamar rekaman dan panggung, Orkes Melayu El Sitara.

Usai namanya sempat tenggelam oleh penerusnya pada tahun 1970-an dan 1980-an, Ellya ternyata masih terus berkarier di dunia musik hingga beberapa bulan menjelang kematiannya.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait